Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Usulkan 27 Raperda, Tuntaskan Delapan Prolegda

 
09 September 2015

Usulkan 27 Raperda, Tuntaskan Delapan Prolegda

Pansus DPRD Jatim menuntaskan delapan usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang menjadi Program Legislasi Daerah (Prolegda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) tahun 2015. Kedelapan keputusan Prolgda tersebut adalah Perda Provinsi Jatim tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pembentukan Peraturan Daerah, Peraturan Daerah Provinisi Jawa Timur tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Provinisi Jawa Timur Nomor 9 Tahun 2012 tentang Bantuan Hukum untuk Masyarakat Miskin, Perda Jawa Timur tentang Perubahan atas Parda Jatim Nomor 13 tahun 2013 tentang Pemberdataan Masyarakat Desa dan Kelurahan, Perda tentang Perlindungan Petani dan Nelayan.

Perda tentang perubahan atas Perda Nomor 10 Tahun 2000 tentang Pengabungan dan Perubahan Bentuk Badan Hukum Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Kredit Usaha Rakyat Kecil Jatim menjadi Perseroan terbatas Bank Perkreditan Rakyat Jatim. Perda tentang Penyelenggaran Kearsipan.

Sedangkan dua usulan Raperda dari Pemprov Jatim adalah  Perda Jawa Timur tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Jatim Tahun Anggaran 2014, Perda Jatim tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun Anggaran 2015.

Ketua Badan Legislasi (Banleg) Achmad Heri menegaskan dari 27 Raperda yang masuk dalam Prolegda 2015, diantaranya 19 merupakan susulan dari DPRD Jatim dan sisanya 8 dari eksekutif (Pemprov. Jatim).

Ahmad Heri mengatakan dari usulan Raperda dan diproses menjadi Peraturan Daerah siap dilaksanakan”Seluruh usulan rancangan baik dari eksekutif dan legislatif sebanyak 27 Raperda,” terang Heri.

Lanjut Heri, dari usulan DPRD Jatim sebanyak 19 Rancangan Peraturan Daerah dan dari Pemprov Jatim sebanyak 8 usulan Raperda di tahun 2015. “Dari usulan legislatif diselesaikan 6 Peraturan Daerah dan dari usulan eksekutif atau Pemprov. selesai dua Peraturan Daerah,” terang dia.

Politisi Partai Nasdem ini, menambahkan keterbatasan waktu dan mempetnya jadwal kegiatan, dari 27 usulan Raperda, DPRD Jatim mempertimbangkan dan memperhatikan skala prioritas serta kewenangan daerah  berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

“Sehingga kepentingan skala prioritas untuk kepentingan masyarakat Jawa Timur di dahulukan. Sementara, Raperda lainnya saat ini masih dalam proses pembahasan baik di tingkat Komisi ataupun penyelarasan di Balegda dan masik dalam tahap sosialisasi,” tutur dia.

Sementara itu, Ketua  Jatim H. Abdul Halim Iskandar mengatakan, pembentukan Perda mempertimbangkan pada UU nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan  dan UU nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Runtutan tersebut juga mengingat pada UU 2 Tahun 1950 tentang pembentukan Provinsi Jawa Timur (Himpunan Peraturan Peraturan negara Tahun 1950) sebagaimana diatur dalam UU 18 tahun 1950 tentang Perubahan dalam Undang-Undang nomor 2 Tahun 1950, Perubahan UU nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan, UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” terang Halim Iskandar. (Hidayat)
 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved