Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Hanya Godok Delapan Perda

 
11 September 2015

Hanya Godok Delapan Perda

Pekerjaan rumah anggota DPRD Jatim masih menumpuk. Usul Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dari Legeslatif maupun Eksekutif  banyak yang belum digedok. Dari 27 usul baru delapan yang sudah disahkan menjadi perda. Dua diantaranya adalah Perda yang memang rutin dibahas. Yakni, Pertanggung Jawaban Anggaran 2014 dan Perubahan APBD 2015.

Ketua Bandan Legislatif DPRD Jatim Achmad Heri menyatakan, banyak usul yang sifatnya turunan dari aturan Pusat karena itu, pembahasan bisa dilakukan setelah aturan dari Pusat ditetapkan.”kami tidak ingin melangkah lebih dulu kawatuir tidak singkron, “Katanya

Selain itu, banyaknya agenda pada 2015 membuat Pimpinan dan Anggota Legislatif sibuk. Pengaturan waktu pertemuan untuk membahas Raperda sangat sulit. Apalagi, momentun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) serentak menjadi kendala tersendiri. Sebab, beberapa anggota Legislatif turun kedaerah untuk urusan Pilkada.

Banyaknya usul yang belum digedok memunculkan kesan lambatnya kerja Banleg. Namun, Heri membantahnya Dia menuturkan Banleg terus berusaha menyelesaikan Raperda.

Menurut Heri, Banleg sudah berkomunikasi dengan Biro Hukum Pemprov Jatim. Mereka diminta mengirim surat kepemimpinan Dewan. Surat itu menyatakan Program Legislasi Daerah (Prolegda) yang harus sesuai dengan Raperda” dari situ nanti dibahas pembahasan dan perencanaan anggaran,” ungkapnya.(Mukirel)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved