Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dari APBD Jatim 2016 dan Penghafal Al-Qur’an Akan Di Gaji

 
12 September 2015

Dari APBD Jatim 2016 dan Penghafal Al-Qur’an Akan Di Gaji

Keinginan Pemprov. Jatim menyiapkan gaji untuk Penghafal Al-Qur’an per bulan sebagai bentuk apresiasi karena ikut andil besar dalam mendidik masyarakat memiliki akhlak, mendapat dukungan DPRD Jatim. Bantuan dana tersebut di upayakan mulai dilaksanakan pada pos Anggaran Pendaptan Belanja Daerah (APBD) 2016.

Anggota DPRD Jatim, Moch. Eksan mengapresiasi langkah Pemprov dalam memberikan gaji perbulan bagi Penghafal Al- Qur’an. Ini bukti bahwa Pemerintah selalu hadir bagi rkayat dalam kondisi apapun.”Ini patut diapresiasi. Jatim saat ini juga merupakan Provinsi yang dikenal dengan religius dan jumlah pesantren yang banyak,”ujarnya.

Politisi Fraksi Partai Nasdem-Hanura Jatim ini mengatakan, niat yang baik dari Pemprov ini perlu ditata dahulu, jangan sampai pemberian dana bantuan bagi Penghafal Al-Qur’an ini dinodai dengan kepentingan politik menjelang pemilihan Gubernur (Pilgub) 2019 mendatang.

Ingat, apabila niat baik ini dilandasi tulus ikhlas tanpa kepentingan politik, maka Jatim akan diselamatkan dari semua masalah bencana yang dihadapi. Namun apabila niat ini ada kepentingan buruk maka jatim akan mendapat ganjaran yang buruk juga,”ujarnya Moch Eksan.

Pada kesempatan yang sama, anggota DPRD jatim lainya, Muhammad Fawait mengatakan mendukung semangat Pemerintah dalam memberikan bantuan kepada  para Penghafal Al-Qur’an ini merupakan aset dari negara yang perlu mendapat  perhatian. Namun pihaknya menyatakan lebih pas diberikan berupa bantuan modal usaha.

Pemprov. menyiapkan gaji untuk Penghafal Al-Qur’an per bulanya sebagai bentuk apresiasi karena ikut andil besar dalam mendidik masyarakat memiliki akhlak yang baik.” Nanti yang dapat bantuan bukan untuk semua Penghafal Al Qur’an, tapi khusus untuk yang mengajar,” kata Wakil Gubernur Syaifullah Yusuf.

Bantuan dana tersebut diupayakan turun tahun ini.” Kalau gak nututi, ya terpaksa kita mulai pada pos Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) tahun 2016. Sementara ini masih kita kaji secara matang karena merupakan kali pertama di Jawa Timur, bahkan di Indonesia,” ucap Gus Ipul.

Teknis penggajianya, Pemprov Jatim akan menggandeng lembaga pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) untuk diajak bekerja sama sekaligus memberi masukan terkait penyaluran gaji bagi para Penghafal Al qur’an.

Diakui Kepala Biro Administrasi Kemasyarkatan (Adkem) Pemprov Jatim, Bawaon Adhiyitoni, bersama LPTQ akan bersama-sama dalam menentukan hal teknis untuk penggajian Penghafal Al- Qur’an, seperti siapa saja dan dari mana asal penerimanya.(Fadly).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved