Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Usulan Raperda Perubahan PT. PJU Prakarsa Komisi C Masuk Singkronisasi

 
18 September 2015

Usulan Raperda Perubahan  PT. PJU

Prakarsa Komisi C Masuk Singkronisasi

 

Kepentingan pengelolaan sumber daya alam minyak dan gas bumi, baik kegiatan di hulu sampai usaha di hilir maupun kegiatan jasa penunjang minyak dan gas bumi lainnya di Jawa Timur, membuat Komisi C DPRD Jatim mendorong Perubahan  Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2006 tentang Perseroan Terbatas (PT) Petrogas Jatim Utama (PJU).

 

Dimana perusahaan plat merah milik Pemprov Jatim tersebut, didorong untuk lebih kuat, agar mampu mendongkrak kontribusi ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapat dari hasil usaha pengelolaan sumberd daya alam lain diluar sector migas, yaitu bidang energi dan energy terbarukan, bidang sumber daya mineral dan potensi dalam pengelolaan pelabuhan umum.

 

Wakil Ketua Balegda DPRD Jatim, Irwan Setiawan mengatakan singkronisasi terhadap usulan Raperda Nomor 1 Tahun 2006 tersebut dengan mendatangkan sejumlah pihak. Baik dari Pemprov. Jatim maupun tenaga ahli serta anggota DPRD Jatim, untuk menyamakan pemahaman materi perubahan Raperda agar membawa kemaslahatan masyarakat.

 

Lanjut Irwan, dengan memperhatikan sejumlah ketentuan dan aturan, maka Perubahan Perda 1/2006 akan ditinjau kembali dalam pasal 7 untuk disesuaikan dengan undang-undang Nomor 40 Tahun 2007, sehingga pembagian laba usaha perusahaan akan diberikan pada pemegang saham (Pemprov. Jatim. red) melalui mekanisme deviden.

 

Sejumlah usulan agar perusaaan pleat merak milik Pemprov, mengatur PT PJU wajib menyisihkan jumlah tertentu dari laba bersih setiap tahun buku untuk cadangan, paling sedikit 20 % dari modal yang ditempatkan atau disetor,” terang Irwan.

 

Politisi yang juga anggota Komisi C DPRD Jatim ini, menandaskan draf usulan raperda saat ini, masih dalam pembahasan antara Eksekutif dengan Legislatif, diharapkan bisa diselesaikan sesuai dengan jadwal dan kebutuhan pembangunan di Jawa Timur.

 

Smentara itu, Ketua Balegda Achmad Heri mengatakan, singkronisasi dilakukan agar ada penyamaan visi dan misi dalam perbaikan Perda yang sudah ada. Dimana keberadaan PT. PJU sebagai perusahaan induk, diperbolehkan membentuk anak perusahaan yang telah datur dalam Perda Jatim Nomor 1 Tahun 2006 tentang Pembentukan Perseroan Terbatas (PT) Petro Gas Utama.

 

Dimana sejalan dengan kebutuhan, PT. PJU telah membentuk beberapa anak perusahaan yang mengelola tiga kegiatan usaha migas, yaitu perusahaan dibidang hulu yang mengelola Participating Interest (PI), anak perusahaan hilir yang bergerak dalam bidang hilir migas dan anak perusahaan service migas untuk mendukung kegiatan usaha migas. (Hidayat)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved