Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PDI P Dukung Kepentingan Rakyat

 
05 Oktober 2015

PDI P Dukung Kepentingan Rakyat

Juru bicara Fraksi PDI P DPRD Jatim, Giyanto menyatakan mendukung sepenuhnya penguatan BUMD untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat. Sebab, pendirian PT PJU yang mengacu pada Perda No.1 Tahun 2006 memang perlu dilakukan penyempurnaan regulasi Perda tentang pengembangan usaha PT. PJU

"Dengan adanya regulasi baru ini, PT. PJU dapat mengembangkan usahanya meliputi tiga kegiatan usaha yaitu anak perusahaan di bidang hulu yang mengelola PI, anak perusahaan hilir yang bergerak dalam bidang hilir migas, dan anak perusahaan di bidang servis untuk mendukung kegiatan usaha migas," ujar Giyanto.

Selain itu, pihaknya juga berharap adanya pembaharuan laba bersih. Pasalnya, sesuai ketentuan UU PT, pengunaan laba bersih perusahaanwajib disisihkan untuk cadangan dengan jumlah tertentu pada setiaptahun buku dalam hal perseroan mempunyai saldo laba positif. "Penyisihan laba bersih sebagaimana dimaksud dilakukan sampai cadangan mencapai paling sedikit 20 persen dari modal yang ditempatkan dandisetor," ungkap politisi asal Pacitan.

Kendati demikian, F-PDIP  juga ingin mempertanyakan dan penjelasan terkait perubahan kedua Perda PT PJU dengan upaya perbaikan tatakelola perusahaan di PT PJU agar tercipta good corporate governance. "Ini penting mengingat beberapa waktu lalu terjadi gugatan wanprestasi terhadap PT PJU. Termasuk munculnya dugaan hilangnya dana PT PJU," jelas Giyanto.

"Fraksi PDI P juga minta penjelasan tentang prospek dan kemungkinanpersiapan yang telah disiapkan PT PJU untuk melakukan pengelolaanpelabuhan umum yang berbentuk Badan Usaha Pelabuhan (BUP), sertasejauhmana keuntungan dan peningkatan PAD secara riil," tambah Giyanto. (Nurul)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved