Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Program Kredit UMKM Dikhawatirkan Tidak Jalan

 
12 Oktober 2015

Program Kredit UMKM Dikhawatirkan Tidak Jalan

 

Dana kredit untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp 400 miliar terancam tidak terserap dan tidak berjalan, karena program kredit bunga ringan tersebut tidak ada landasan hukumnya. Sehingga dikuatirkan menimbulkan persoalan hukum dalam pelaksanaannya.

 

"Program pinjaman lunak kepada para UMKM nampaknya hanya menjadi lips service, karena hingga saat ini teknis pelaksanaannya belum mempunyai cantolan hukum. Sehngga tidak memberi dampak positif bagi peningkatan ekonomi di Jawa Timur, Terutama sector UMKM,"kata Anggota  Banggar DPRD Jatim, Anik Maslachah.

 

Politisi asal PKB ini menilai investasi melalui perbankan memerlukan payung hukum jelas. Berdasarkan Permendagri 21/2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, untuk investasi jangka pendek maksimal 12 bulan cukup mengunakan Peraturan Gubernur (Pergub).

 

"Masalahnya apa sanggup peminjam kredit bisa mengembalikan dalam jangka setahun. Kecil kemungkinan UMKM bisa mengembalikan pinjaman tersebut dalam waktu setahun," papar perempuan yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi C DPRD Jatim ini.

 

Jika investasi jangka panjang lebih dari 12 bulan maka minimal memerlukan Perda. Namun hingga saat ini Gubernur Jatim belum menyiapkan regulasi sebagai cantolan program pinjaman lunak tersebut.

 

Rencana program pinjaman tersebut juga belum dilengkapi hasil analisa keuangan dari akademisi. Sehingga pemanfaatan anggaran APBD untuk pinjaman tersebut belum terukur. selain itu sampai sekarang juga belum jelas Standart Operasional dan Prosedur atas program.Seperti jumlah UKM yang akan menerima, persyaratannya, hingga validasi atas UKM tersebut. (Adi).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved