Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Paripurna Istimewa Hari Jadi Jatim, Perkuat Provinsi Berbasis UMKM

 
13 Oktober 2015

Paripurna Istimewa Hari Jadi Jatim, Perkuat Provinsi Berbasis UMKM

 

Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Pemprov Jawa Timur ke 70 menjadi momentum refleksi untuk kemajuan, kebangkitan serta kemaslahatan rakyat Jawa Timur. Sebaliknya, jangan sampai Paripurna Istimewa ini hanya menjadi seremonial belaka, yang tidak memiliki arti bagi warga Jawa Timur.

 

Penegasan ini, disampaikan Ketua DPRD Jatim, H. Abdul Halim Iskandar pada  Paripurna Istimewa merupakan penghormatan, penghargaan, serta apresiasi rakyat Jawa Timur, terhadap para pejuang dan tokoh Jawa Timur.

 

”Secara juridis formal, terbentuknya Provinsi Jawa Timur ditandai dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1950 tentang Pembentukan Provinsi Jawa Timur junto Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1950 Tentang Mengadakan Perubahan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1950, dalam Lembaran Negara Tahun 1950 Nomor 32,” terang H. Abdul Halim Iskandar.

 

Politisi asal Jombang ini, mengatakan secara historis, terbentuknya Provinsi Jawa Timur dapat ditelusuri hingga masa kerajaan sampai pergerakan Kemerdekaan Indonesia. Mulai masa Kerajaan Singosari, Kerajaan Majapahit, Masa Pemerintahan Hindia Belanda, lahirnya Pergerakan-Pergerakan Nasional, Lahirnya Resolusi Jihad NU, sampai kepada masa kemerdekaan Indonesia.

Karena itulah, setelah dilakukan kajian hostoris dan juridis oleh pada ahli, maka diambillah sebuah keputusan politik, melalui Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2007, bahwa pada tanggal 12 Oktober 1945 merupakan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur.

 

Dengan Tema ”ayo kerja”, perkuat Jawa Timur sebagai provinsi berbasis UMKM” sangat tepat, karena bangsa Indonesia saat ini sedang memasuki pelaksanaan perdagangan bebas ASEAN, pasar global, atau yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir Tahun 2015 ini. “DPRD Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan berbagai kegiatan Pagelaran Seni dan Budaya di 11 daerah Kabupaten/Kota, dengan penetapan lokasi daerah menggunakan pendekatan DAPIL, yang dilaksanakan sejak Tanggal 10 Oktober kemarin s/d Tanggal 29 Oktober 2015. Kegiatan ini dimaksudkan selain untuk mengangkat budaya lokal juga diharapkan bisa menumbuhkan potensi dan bibit-bibit baru keberadaan Seni Budaya di daerah-daerah,” kata dia.

 

Pada kesempatan itu, DPRD dan Pemprov Jatim memberikan Anugrah Kebudayaan Kategori Anak-anak Remaja bidang Budaya Paramadharma, penghaargaan kepada Adik-adik Remaja atas Prestasi parade teater tradisional nusantra dan Pengharagaan atas prestasi olehraga asian school athelitics champhionship.  “Untuk itu kami atas nama Rakyat Jawa Timur menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada adik-adik Remaja Jawa Timur berprestasi atas keberhasilannya dibidang Seni Budaya dan Olahraga,” tutur H. Abdul Halim Iskandar.

 

Pada kesempatan itu, politisi PKB ini, meminta rakyat Jawa Timur bersyukur, di usia yang ke-70 ini, Jawa Timur semakin memiliki harapan untuk mewujudkan masyarakat yang dipenuhi kemaslahatan. Hal tersebut salah satunya tercermin dari kondisi makro ekonomi Jawa Timur, yang tumbuh positif dan selalu melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Pada triwulan II-2015 (y-o-y), ekonomi Jawa Timur tumbuh sebesar 5,25 persen, lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh sebesar 4,67 persen.

 

Selain itu, Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Jawa Timur menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Dalam berita resmi statistik Badan Pusat Statistik Jatim yang dirilis 13 Agustus 2015, IDI Jawa Timur 2014 berada di angka 70,36 dari skala 0 sampai 100 atau tergolong sedang. (Hidayat)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved