Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pakar Ekonomi Ingatkan Jatim

 
15 Oktober 2015

Pakar Ekonomi Ingatkan Jatim

 

Pakar ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik J. Rachbini memberikan lima butir untuk kepentingan kemajuan ekonomi bagi Provinsi Jatim untuk kedepannya. Didil J Rachbini memberikan ceramah ilmiah meminta rakyat Jawa Timur segera mengambil langkah cepat, tepat dan konstruktif bagi kepentingan kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat yang kita cintai khususnya di Jawa Timur.

 

Prof Didik J. Rachbin dalam paparannya di rapat Paripurna  Istimewa hari Jadi Provinsi Jatim mengatakan butir pertama yaitu pemerintah Provinsi Jatim harus memiliki industri yang menjadi handalan atau yang menjadi kebagaan Provinsi Jatim yang bisa tumbuh diatas 30 persen.

 

"Apabila poin pertama ini ditindaklanjuti oleh Gubernur pihaknya menyarankan agar Gubernur Jatim untuk menggarap industri diatas 30 persen ini harus dilakukan diwilayah Madura dan Malang Selatan,"ujarnya.

 

Ia mencontohkan,  salah satu contoh wilayah yang potensial untuk dikembangkan sebagai wilayah bisnis baru ialah Madura.

 

Menurutnya Jawa Timur memiliki potensi penduduk lebih dari 40 juta jiwa. Bila pemerintah mau menggunakan lahan yang ada di mulut Jembatan Suramadu di Madura sebagai area wisata, bisnis, dan perumahan, maka berpotensi menimbulkan efek ekonomi yang signifikan.

 

Menurut Didik, kegiatan ekonomi di Madura sudah berjalan, tetapi masih didominasi sektor informal yang tidak terlalu memberikan dampak yang besar bagi negara.“Di sana ada landbank yang besar, ada jembatan bagus yang panjangnya melebihi San Francisco tetapi mandeg. Kan sayang tidak dimaksimalkan,” tuturnya.

 

Yang kedua yaitu guna mendukung penguatan Ekspor Jatim untuk keluar negeri maupun di dalam negeri pihaknya meminta kepada pemprov untuk menyediakan atau memperbaiki infrastruktur di Jatim mulai pembangunan pelabuhan hingga perbaikan jalan Tol. "Dengan adanya pendukung infrastruktur ini diharapkan ekspor di Jatim meningkat lebih baik,"ujarnya. (Hidayat).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved