Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pimpinan DPRD Jatim, Didesak Kebut Pansus Tambang

 
17 Oktober 2015

Pimpinan DPRD Jatim, Didesak Kebut Pansus Tambang 

Janji pembentukan panitia khusus (Pansus) tentang Tambang oleh Pimpinan DPRD Jatim, Kamis (15/10) lalu belum terwujud.  Diduga, semangat wakil rakyat ini perlu didorong untuk mengawal kepentingan rakyat. Sebab, hingga kemarin, Pimpinan DPRD Jatim belum mengagendakan Sidang Paripurna pengesahan nama-nama Tim yang akan masuk dalam Pansus Tambang.

"Komisi A sebagai pengusul Pansus sudah kencang menyuarakan secepatnya ditetapkan pansus. Kenyataannya,  sampai sekarang belum dijadwalkan untuk digelar Sidang Paripurna,"kata Ketua Komisi A DPRD Jatim, Freddy Poernomo saat ditemui di DPRD Jatim.

Politisi asal Partai Golkar ini mengaku pihaknya sudah mengkonfirmasi ke Pimpinan DPRD terkait lambannya pembentukan Pansus Tambang.

"Alasannya, beberapa Fraksi Parpol belum menyerahkan nama-nama untuk Anggota Pansus. Informasinya yang sudah menyerahkan nama-nama itu Golkar, PKB dan Gerindra. Yang lainnya sampai sekarang belum,"jelasnya.

Freddy Poernomo berharap agar Pansus secepatnya disahkan, karena untuk membahas pertambangan di Jatim memerlukan waktu lama."Kalau molor, nanti semangatnya berkurang. Kami sudah semangat sekali karena untuk urusan pertambangan itu rumit dan butuh waktu lama. Apalagi banyak sekali pertambangan ilegal di Jatim, sehingga perlu secepatnya dibuat aturan untuk mencegah adanya pertambangan ilegal tersebut," katanya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Jatim, Tjutjuk Sunario mengelak dikatakan Pimpinan Dewan melempem, karena tidak segera membentuk Pansus Tambang. Menurutnya, pembentukan pansus belum bisa dilakukan, karena usulan sejumlah nama dari beberapa Fraksi di DPRD Jatim belum terpenuhi. Karena belum lengkap nama Anggota Dewan usulan dari fraksi, sehingga pimpinan dewan belum bisa memutuskan pembentukan Pansus Tambang.

“Karena belum terkumpul nama anggota pansus yang diusulkan Fraksi. Kita masih mneunggu. Mungkin sebelum Pansus minggu depan, sudah bisa disampaikan pembentukan Pansus Tambang,” terang Politisi Partai Gerindra. (Hidayat)

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved