Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Alokasi UMKM Rp. 400 M, Tiga Syarat Mesti Dipenuhi Gubernur

 
12 Oktober 2015

Alokasi UMKM Rp. 400 M, Tiga  Syarat Mesti Dipenuhi Gubernur

Gubernur Jatim, Soekarwo memang telah memberi jaminan terkait formulasi kredit dengan bunga rendah dari alokasi Rp 400 Miliar untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Meski demikian, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jatim tetap mempertanyakan legalitas program tersebut.

Anggota Banggar dari Fraksi Gerindra, Anwar Sadad menuturkan, ditengah kondisi perekonomian yang terus melemah seperti sekarang sangat dibutuhkan program yang bisa menopang pelaku UMKM. Gelontoran anggaran Rp 400 miliar dinilai bagus, namun legalitasnya tetap harus jelas.”

Dalam APBD 2015, Gubernur menggelontorkan anggaran untuk UMKM Rp 200 miliar dengan Program Tani yang diperuntukan untuk petani kecil di daerah. Tapi faktanya penyaluran di daerah tak tepat sasaran. 30 persen lebih tak teserap petani, bahkan diserap umum itupun untuk kredit masif,” bebernya.

Kali ini, dengan program pembiayaan UMKM dalam bentuk kredit dengan bunga 10 persen, Anwar Sadad khawatir program tersebut juga tak tepat sasaran. Dalam realisasinya nanti dikhawatirkan menimbulkan permasalahan karena tak ada landasan hukumnya. Selain itu, insfrastuktur dari bank UMKM di daerah sangat terbatas.

Karena itu, Banggar memberikan tiga syarat agar program ini bisa dialokasikan di APBN 2016. Yakni Legal Standaring Program, Analisis Investasi, serta Satandar Operasional Prosedur (SOP) yang mengatur ketentuan teknis dalam pelaksanaanya.” Banggar memberi waktu dua minggu bagi pemprov untuk memenuhi tiga syarat tersebut,” tandas mantan politikus Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) itu. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved