Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Siapkan Alokasi Anggaran Khusus untuk Hari Santri

 
21 Oktober 2015

DPRD Jatim Siapkan Alokasi Anggaran Khusus untuk Hari Santri

DPRD Jawa Timur akan menyiapkan anggaran untuk peringatan hari Santri Nasional tahun depan. Pernyataaan tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD Jawa Timur H. Abdul Halim Iskandar, Rabu (21/10).

Menurutnya, pada tanggal 22 Oktober nanti akan ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Santri Nasional. "Pasti akan disiapkan untuk tahun depan akan disiapkan anggaran di APBD Jawa Timur," tegas Gus Nanang (sapaan Abdul Halim Iskandar).

Pria yang juga ketua DPW PKB Jatim itu berharap bukan hanya Provinsi Jawa Timur, tetapi juga Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur juga sepatutnya menyiapkan anggaran dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional tahun depan karena sudah ditetapkan resmi oleh Pemerintah.

Ia juga menyebut, lebih khusus Jawa Timur karena sesuai dengan historis munculnya hari Santri Nasional berdasarkan peristiwa Resolusi Jihad yang dilakukan oleh kaum pesantren dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia. "Itulah alasannya pada tanggal 22 Oktober merupakan tonggak perjuangan santri," tegas cucu KH Bisri Syamsuri ini.

Peristiwa resolusi jihad merupakan pemicu pecahnya pertempuran 10 November 1945. Masyarakat dari kalangan santri berangkat ke Surabaya untuk mempertahakan kemerdekaan yang digerakkan oleh Rais Akbar PBNU KH Hasyim Asy'ary di Ponpes Tebuireng. Keluarnya resolusi jihad itu karena keinginan Belanda untuk berkuasa kembali di bumi Indonesia.

"Hari Santri Nasional ini sarat dengan nilai historis Resolusi Jihad. Kami sangat mendukung Pemerintah untuk menetapkan pada tanggal 22 Oktober sebagai hari santri," ujar Politisi PKB asal Jombang ini.

Puncak deklarasi Hari Santri Nasional berlangsung pada 22 Oktober mendatang. Rencananya akan berpusat di Masjid Istiqlal, Jakarta, dan akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. (Siti).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved