Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi PDIP, Tambah Waduk Air

 
22 Oktober 2015

Fraksi PDIP, Tambah Waduk Air

 

Meraih kesejahteraan memang harus melalui kerja keras dan perjuangan. Bahkan perjuangan sudah dilakukan sejak pemerintahan terdahulu. Kerja keras terus dilakukan, terutama untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat di sekor pertanian, dimana hasil produksi pertanian di Jawa Timur mencapai 12 juta ton tertinggi secara nasional. Meski dengan kapasitas air sebanyak 800 ribu meter kubikyang ditampung pada danau, waduk atau embung.

 

Anggota Fraksi PDIP, Agahta Retnosari mengatakan, untuk meningkatkan kualitas hidup disektor pertanian, sudah saatnya Pemprov. membangun lebih banyak tempat penampungan air, baik berupa embung atau waduk.

 

Karena Jawa Timur memiliki ketersediaan air hingga 52,2 miliar meter kubik, namun yang bisa dieksploitasi hanya sebesar 19.3 miliar meter kubik. “Sedang kebutuhan idial mencapai 22,2 miliar meter kubik. Sebab problem utama adalah pada ketersediaan air  pada system resapan dan penyimpanan” kata Agahta.

 

Politisi perempuan asal Parpol berkepala banteng dengan moncong putih ini, mengatakan saat ini, sejumlah teknologi sudah dilakukan . salah satunya dengan teknologi bio pori, namun masih memerlukan teknologi tambahan. “Sebab, selama musim kemarau, seluruh waduk milik Jatim cenderung mongering. Mislnya waduk Notopuro, Madiun selama musim
kemarau dimanfaatkan sebagai tenagalan, karena lahannya mongering,”urai dia.

 

Untuk kebutuhan anggaran APBD Jatim 2016, PDIP Mendorong seluruh SKPD dan jajatan BUMD kerja lebih keras. Dimana penyelenggaraan pemerintah seharusnya menganut asas entre prenership government. “Sehingga PAD tidak hanya berpangku pada memungut pajak dari rakyat, namun mampu memenuhi kebutuhan sendiri melalui usaha. (Hidayat).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved