Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

FPP, Optimalisasi Kinerja SKPD

 
22 Oktober 2015

FPP, Optimalisasi Kinerja SKPD

 

Terget penerimaan retribusi daerah dalam R APBD TA 2016 sebesar Rp. 113.073.774.240.00 mengalami penurunan ditahun 2015 sebesar Rp 147.772.599.700.00 harus menjadi pemacu, agar kebutuhan pelayanan kesejahteraan rakyat tidak terganggu. Untuk itu, Fraksi Persatuan
Pembangunan (FPP) mendorong SKPD dan BUMD milik Pemprov Jatim lebih mampu  mengoptimalkan untuk menambah PAD. Meski tidak sesua SKPD mempunyai fungsi sebagai Dinas Penghasil (Budgetair).

 

“Kami yakin bisa dioptimalkan, karena masih bayak asset-aset milik Pemprov yang berada didaerah,” terang Achmad Sillahuddin anggota Fraksi Persatuan Pembangunan. Parpol bergambar Ka’bah ini, juga mendorong BUMD lebih mengoptimalkan diri untuk mensejahterakan kepentingan rakyat dengan peningkatan kontribusi untuk PAD. Untuk itu, FPP mengkritis tajam, pada tingkat Komisi dari hasil kekayaan yang dipisah, khususnya kontribusi BUMD.

 

Dalam Nota Keuangan disebutkan, target hasil yang dipisah diproyeksikan sebesar Rp 343,9 Miliyar. “Target ini sangatlah kecil, jika dibandingkan dengan seluruh asset yang dikelola semua BUMD dan kontribusi APBD yang disuntikkan untuk BUMD,” urai dia.

 

Dimana data FPP menunjukkan, total penyertaan modal Provinsi untuk BUMD yaitu sebesar Rp 3,638 Trilyun lebih. “Untuk itu, BUMD harus mampu menjelaskan  dari sisi managemen ataupun keuangan, serta nilai sumbangan masing-masing BUMD terhadap PAD,” tutur dia.

 

Terhadap suntikan dana APBD yang cukup besar, seharunysa perusahaan plat mereah milik Pemprov Jatim memberikan kontribusi siknifikan terhadap peningkatan asli Daerah. Namun faktanya, selama ini, kinerja BUMD, terutama yang berorientasi profit  ternyata sangat rendah mensuport PAD. “minimnya kontribusi pada PAD, mengindikasikan Pemprov belum berhasil mensehatkan kinerja BUMD,” tegas Achmad Sillahuddin.(Hidayat)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved