Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi PKS, Jurus Jitu Menstabilkan Ekonomi

 
21 Oktober 2015

Fraksi PKS, Jurus Jitu Menstabilkan Ekonomi

Hingga kini tidak ada perubahan bearti dalam struktur perekonomian Jawa Timur. Dimana masih didominasi tiga sector utama, yaitu pertanian, sector industry pengolahan dan sector perdagangan dan eceran, reparasi sepeda motor dan mobil. Meski tidak sector ini, bukan penyokong tertinggi. Namun pada kenyataanya, kontribusinya sangat dominan.

Pada semesert I tahun 2015, kontribusi sector industry  pengolahan terhadap PDRB  mencapai 29,45 %, sector perdagnagan besar dan eceran sebesar 17,44 %,  sector pertanian mencapai 14,67 % . “Dimana secara keseluruhan ketiga sector ini, mampu menyumbang 61,56 % pada perekonomian Jawa Timur,” ujar anggota Fraksi PKS, H Artono.

Politisi yang juga pengusaha ini, adanya pelemahan pertumbuhan ekonomi akan memiliki konsekwensi yang tidak mengembirakan bagi perekonomian masyarakat Jawa Timur secara keseluruhan, termasuk target lainnya yaitu penurunan kemiskinan dan pengangguran di tahun 2015 ini.  “Yang jelas tidak bisa dilakukan secara langsung, karena pertumbuhan ekonomi relatif rendah. Ini tentunya memerlukan rumusan yang lebih baik untuk percepatan penurunan kemiskinan dan pengangguran,” terang dia.

H Artono sebagai juru bicara PKS mempertanyakan jurus jitu apa yang mampu dilakukan Pemprov Jatim dalam menstabilkan pertumbuhan ekonomi. “Agar penurunan angka kemiskinan dan pengangguran bisa terwujud,” urai dia.

Untuk itu, dominasi tiga sector ditutut dalam penyediaan lapangan kerja, karena ketiga sector menjadi tumpuhan ekonimi di Jawa Timur dalam menyerap lapangan kerja. Dimana sector pertanian memiliki urutan pertama dengan mneyerap 7,212 juta orang atau 19,8% juta orang yang bekerja di Jatim. “Dengan demikian sector pertanian mneyediakan 36,42% lapangan kerja,” kata dia.

Urutan kedua, adalah sector perdagangan sebesar 4,148 juta orang atau 20,94 % dan urutan berikutnya adalah sector industry pengolahan sebesar 2,780 juta orang atau 14,04 persen.

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved