Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur

 
13 Oktober 2015

DPRD Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur

DPRD Jawa Timur sebagai pihak legislatif mengaku akan terus bekerjasama dengan baik dengan eksekutif yang dipimpin Gubernur Jatim Soekarwo. Di usia yang ke 70 ini, Jawa Timur diharapkan semakin memiliki harapan untuk mewujudkan masyarakat yang dipenuhi kemaslatan.

Ahmad Iskandar, Wakil Ketua DPRD Jatim megatakan, saat ini kondisi makro ekonomi Jawa Timur yang tumbuh positif dan selalu melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Pada triwulan II-2015 (y-o-y), ekonomi Jatim tumbuh sebesar 5,25 persen, lebih cepat dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasionalyang tumbuh sebesar 4,67 persen. Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Jawa Timur menunjukan perkembangan yang menggembirakan, terangnya.

Dalam berita resmi statistik Badan Pusat Statistik Jatim dirilis 13 Agustus 2015, IDI Jatim 2014 berada di angka 70,36 dari skala 0 sampai 100 atau tergolong sedang. Namun demikian, kondisi tersebut tentu tidak lantas dijadikan kita berpangku tangan. Pasalnya, berbagai tantangan dimasa depan sudah menanti. Mudali dari tantangan pasar ekonomi, yaitu diberlakukannya MEA pada akhir tahun 2015 ini, pelaksanaan pilkada serentak di 19 Kabupaten/Kota di Jatim, serta ancaman pelambatan pertumbuhan ekonomi akibat perubahan global, papar politisi asal Madura ini.

Pemrov Jatim diharapkan senantiasa mengembangkan inovasi serta kreatifitas untuk mengembangkan segenap potensi daerah agar dapat berkonsentrasi dengan aktor – aktor regional dan global. Sekalipun tuntutan zaman mengharuskan Provinsi Jatim lebih progesif berkonsentrasi dalam konstelasi ekonomi – politik internasional, tidak berarti jawa timur harus meninggalkan aspek – aspek lokalitas atau kearifan lokal khas Jawa Timur. Prinsip menjunjung tinggi kearifan khas Jatim tersebut mutlak deperlukan agar aksentusinya sebagai salah satu wilayah yang memiliki sejarah panjang dalam peradaban ekonomi, politik, maupun kebudayaan.

Dalam kesempatan itu juga dilengkapi ceramah ilmiah terkait dengan kondisi kebangsaan saat ini tang disampaikan Prof Dr Didik J Rachbini. Mantan legislator DPR RI itu menyampaikan, pentingnya provinsi Jatim. Menurutnya, jumlah industri di Jatim ini harus di atas 30%. Jika industri bagus, maka akan di ikuti sektor – sektor lainnya. Jatim harus mencari industri apa yang akan menjadi motor mendongkrak ekonomi. Jatim ini strategis karena disini pertanian juga kuat, ditambah lagi jumlah UMKM yang sangat besar, saran Didik.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved