Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pakde Ingatkan SKPD Tak “Mainkan” Anggaran

 
06 Oktober 2015

Pakde Ingatkan SKPD Tak “Mainkan” Anggaran

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengingatkan seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Jatim tidak berkompromi politik ke DPRD Jatim, untuk menambah anggaran dalam rancangan APBD 2016. “Saya mengingatkan agar tidak main-main dengan DPRD. Kalau mau usul ke Gubernur, jangan ke Dewan,” ujarnya, Selasa (6/10).

Jika hal tersebut dilanggar dan Kepala SKPD tetap nekat maka ia tak segan memberikan sanksi, “Sebab, meski kemungkinan DPRD menyetujui, tapi saya bisa menolak usulan tersebut,” ucap Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut.

Ia menengaskan, yang berhak melakukan kompromi ke DPRD hanya Gubernur dibantu tim, sedangkan SKPD tidak memiliki kewenangan melakukannya.”Pokoknya, jika SKPD mau minta anggarannya bertambah saya persilahkan, tapi harus bisa mempertanggung jawabkan presentasinya kepada saya selaku Gubernnur,” tegasnya.

Sebelumnya terungkap, jumlah belanja yang tercantum dalam KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara) sebagai bahan rancangan APBD Jawa Timur tahun 2016 mencapai Rp 23,2 triliun lebih. Sayangnya, jumlah sebesar itu yang bisa digunakan Pemprov Jatim hanya sekitar Rp 2,7 triliun.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jawa Timur, Abdul Halim mengatakan, jumlah belanja di KUA PPAS sebesar Rp 23,2 triliun sebagian besar adalah titipan. Diantaranya dana titipan dari Pemerintah Pusat untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Rp 4 triliun. Dimana Jartim hanya kebagian mencairkan, tapi yang mengguanakan adalah Pemerintah Kabupaten/Kota untuk langsung ke sekolah-sekolah. Kemudian, ada dan bagi hasil dari pajak kendaraan bermotor atau BBNKB yang menjadi hak dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. Jumlahnya juga tidak sedikit, sekitar Rp 3,6 triliun. Katanya (Mukti).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved