Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perda PJU Siap Digedok

 
29 Oktober 2015

Perda PJU Siap Digedok


Meski mendapat banyak kritikan, karena minimnya produk Peraturan Daerah di tahun 2015 ini, namun satu persatu DPRD Jatim menyelesaikan tugas dan fungsinya. Dengan begitu, sisa pekerjaan rumah anggota Dewan berkurang. Yakni tinggal 19 usulan yang belum digedok. Saat ini, DPRD Jatim siap menuntaskan Raperda perubahan peraturan daerah nomor 1 tahun 2006 tentang PT Petrogas Jatim Utama (PJU). Perda ini untuk memaksimalkan peran PT PJU. Dengan begitu, kontribusi terhadap pendapatan asli daerah bisa meningkat.

 

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Jatim Irwan Setiawan mengatakan, perubahan itu dilakukan setelah memperhatikan beberapa ketentuan dan aturan. Salah satunya pasal 7 pada perda tersebut. ’’Pasal itu disesuaikan dengan Undang-Undang nomor 40 tahun 2007,’’ katanya.

 

Intinya, pembagian laba perusahaan akan diberikan kepada pemegang saham. Yakni Pemerintah Provinsi Jatim melalui mekanisme deviden. Selain itu, ada usulan agar PT PJU menyisihkan laba bersih setiap tahun. Laba bersih itu minimal 20 persen dari modal yang disertakan oleh Pemerintah. ’’Semua disesuaikan dengan aturan yang baru,’’ ungkapnya.

 

Pembahasan usulan pekan ini masuk tahap penyelarasan. Nantinya, Baperda bersama komisi-komisi di DPRD akan membahas bersama. Setelah itu, dilakukan penetapan dan menjadi perda. ’’Kami jadwalkan pekan depan, ’’ ujar Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

 

Apabila sesuai rencana, raperda tentang perubahan Perda Nomor 1 tahun 2006 itu akan menjadi Perda ke sembilan tahun ini. Masih banyak yang tersisa. ’’Kami masih mempersiapkan pembahasan Perda yang lain,’’ ungkap dia.

 

Raperda yang bakal digedok itu merupakan inisiatif dewan. Tepatnya usulan dari Komisi C  yang membidangi keuangan. Selama ini, kontribusinya dinilai kurang. Karena itu, regulasi harus disempurnakan.

 

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim Renville Antonio lega. Pembahasan pembahasan satu Raperda bakal tuntas. Setelah penggedokan, kata dia, aturan itu bisa diterapkan. ’’Dengan begitu, upaya menggenjot kontribusi PT PJU bisa dilaksanakan,’’ katanya.

 

PT PJU dibentun untuk mengakomodir potensi sumber daya alam di Jawa Timur. Sebelum ada PT PJU, pemerintah provinsi Jatim mengakimodir kepentingan gas melalui Petrogas Wira Jatim. Yakni anak perusahaan Panca Wira Usaha Jawa Timur.


Pada 2006, Pemerintah membentuk BUMD dengan nama PT PJU. Selanjutnya, perusahaan ini mengakuisisi Petrogas Wira Jatim sebagai anak perusahaan. Seiring perkembagannya, PT PJU kini memiliki  dua anak perusahaan, dan tiga cucu perusahaan. (Hidayat)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved