Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Akibat Penyerapan Rendah, Dewan Potong Alokasi Anggaran untuk BPM Rp 2 Miliar

 
03 November 2015

Akibat Penyerapan Rendah, Dewan Potong Alokasi Anggaran untuk BPM Rp 2 Miliar

Akibat penyerapan anggaran di  Badan Penanaman Modal (BPM Jatim) sangat rendah, bahkan realisasi investasi di 2015 tidak memenuhi target, imbasnya Alokasi anggaran BPM di APBD 2016 dikepras sampai Rp 2 miliiar. Apalagi saat ini kondisi keuangan di Jatim tengah lesu sebagai imbas dari permasalahan ekonomi baik di dalam maupun luar negeri.

Anggota Komisi C DPRD Jatim, Musyaffa’ Noer menegaskan, kinerja BPM  di 2015 mengalami penurunan yang cukup drastis. Hal itu terlihat dari rendahnya realisasi investasi di Jatim maupun penyerapan anggarannya yang sampai bulan Oktober hanya 55,30%. Dimana realisasi nvestasi penanaman modal asing atau PMA tidak sebanding dengan ijin prinsip yang telah dikeluarkan pada 2014, dimana untuk  ijin PMA yang diajukan mencapai Rp 74,91 triliun, tapi realisasinya hanya Rp 19,29 triliun. Ironisnya di 2015 lebih memperihatinkan, ijin prinsip PMA yang diajukan Rp 70,61 triliun, namun realisasinya hanya Rp 10,44 triliun.

"Akibat dari rendahnya penyerapan maupun realisasi investasi di Jatim, Komisi C merekomendasi pengeprasan alokasi anggaran untuk belanja Program kegiatan penyelenggaraan promosi penanaman modal dalam dan luar negeri yang di APBD 2016 diajukan sebesar Rp 3,9 miliar dan  dikepras sekitar Rp 2,3 miliar.  Sehingga yang dialokasikan hanya pada angka Rp 1,6 miliiar," ungkap politisi yang juga Ketua DPW PPP Jatim ini.

Sementara itu, Anggota Komisi C yang lain,  Anik Maslachah, menambahkan, pengeprasan ini dilakukan agar BPM mengoptimalkan kembali kinerjanya dan merealisasikan berbagai ijin prinsip yang telah diajukan. Jika di 2016 nanti BPM mampu menunjukan peningkatan kinerja maupun realisasi investasi maka Komisi C bisa melakukan penambahan Alokasi anggaran di PAPBD 2016.

"Yang pasti Komisi C sepakat akan memberikan tambahan anggaran, jika sepanjang tahun 2016, BPM mampu mengoptimalkan kinerjanya dengan mampu meningkatkan realisasinya di bidang investasi,"tegas politikus asal PKB ini. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved