Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Sahkan Raperda PT PJU Menjadi Perda

 
07 November 2015

DPRD Sahkan Raperda PT PJU Menjadi Perda 

Sembilan Fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur mengesahkan dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Reperda) Nomor 1 Tahun 2006 tentang Perseroan Terbatas (PT) Petrogas Jatim Utama (PJU) menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Juru Bicara Fraksi PDIP Jatim, SW Nugroho di DPRD Jatim, Jumat (6/11) mengatakan menyetejui perubahan Raperda PJU tersebut menjadi Perda, karena secara substansi perubahan tersebut dimaksudkan untuk memperkuat peran Badan Milik Usaha Daerah (BUMD) dalam ekonomi di Jatim.

"Secara prinsip Fraksi PDIP mendukung sepenuhnya penguatan BUMD ini untuk kepentingan dan kesejahteraan rakyat di Jatim, namun ada catatan yang perlu diperhatikan agar Perda tersebut tidak sia - sia,"ujarnya.

Adapun catatannya yaitu, pertama memperkuat posisi PT PJU sebagai perusahaan induk dan dan dapat membentuk anak perusahaan yang dapat mengelolah participating interest dan usaha yang lainnya, kedua memberikan keluwesan kepada PT PJU, sehingga dapat berkantor pusat di Surabaya atau wilayah lain di dalam Provinsi, ketiga penyusuaian terhadap besaran modal dasar PT PJU, sehingga jumlahnya tidak lebih kecil dari modal disetornya.

Selain itu untuk memperkuat dan menyempurnakan perda PJU ini pihak meminta kepada pihak PJU untuk meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan ekonomi Jatim melalui peningkatan Pendapat Akhir Daerah (PAD) secara signifikan, kedua menerapkan prinsip transparansi dan akutanbilitas dengan cara mengkomunikasikan keputusan pembagian deviden, pembentukan anak perusahaan maupun usaha ke DPRD baik sebelum dibawa ke RUPS ataupun sesudah diputuskan.

"Masukan dari PDIP tersebut seharusnya BUMD menjadi salah satu soko guru perekonomian di Jatim, dan juga dengan perda ini nantinya diharapkan menjadi salah satu untuk mewujudkan patriotisme ekonomi, serta membangun semangat ekonomi berdikari, "ujarnya.(Panca)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved