Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi PAN, BUMD Butuh Penambahan Modal

 
07 November 2015

Fraksi PAN, BUMD Butuh Penambahan Modal

 

Perluasan lapangan usaha perseroan, Fraksi PAN mendorong penambahan kebutuhan modal untuk PT. Petrogas Jatim Utama (PWU). Karena desan perseroan atau PT yang difungsikan sebagai holding menuntut adanya ketersediaan modal dalam rangka membentuk anak perusahaan atau unit bisnis sebagai entitas yang berkontribusi kepada perusahaan induk.

 

"Kondisi ini, perlu adanya penambahan modal. Apalagi ditengah tawaran penggunaan hak PI sebagaimana diatur dalam PP 34 Tahun 2014 tentang Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi," terang Moh. Zainul Lutfi anggota Fraksi PAN.

 

Namun demikian, politisi asli Kabupaten Sidoarjo ini,  juga meminta penjelasan pada perusahaan plat merah yang memperoleh penambahan modal untuk mempertanggung jawabkan penggunaanya secara transaparan. "Ketika modal dasar ditambahkan, dan uang rakyat secara bertahap dimasukkan sebagai penambahan penyertaan modal, maka kita perlu memperoleh penjelasan tentang penyertaan dan proyeksi pengembangan atas modal dasar yang ditambahkan," kata Zainul Lutfi.

 

Sudah seharunya, lanjut dia, managemen perusahaan plat merah memberikan penjelasan tentang kinerja perusahaan, sehingga pemerintah provinsi Jawa Timur bisa mengelimentasi kekhawatiran bahwa modal dasar yang ditetapkan bisa efektif untuk kegiatan korporasi.

 

Dengan munculnya perubahan Perda PT PJU, Pemerintah Provinsi Jatim dan DPRD Jatim banyak berharap kebijakan PI menjadi peluang untuk peningkatan PAD. Meksi upaya itu, juga memerlukan penambahan biaya. "Meski kita (DPRD dan Pemprov) harus ingat masa keemasan Indonesia sebagai negara Kaya minyak atau serig disebut era bonanza minyak telah berakhir," sesal Lutfi.

 

Kebutuhan energi di Jatim dan peranan BUMD jawa Timur, dan mengingat Indonesia telah berubah menjadi net importer (impor lebih besar dari eskpor) minyak, maka Fraksi PAN mendesak pemenuhan kebutuhan modal untuk kepentingan memenuhi atas berkurangnya energi di Jatim.

 

 "Apalagi kita sangat faham, dalam persaingan global usaha, banyak investor ragu masuk ke Jawa Timur pada usaha yang membutuhkan sumber energi untuk produksi karena tidak adanya pasokan energi," tandas dia. (Hidayat)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved