Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PPP, BUMD sebagai Sumber PAD

 
07 November 2015

Fraksi PPP, BUMD sebagai Sumber PAD

 

Fraksi Persatuan Pembangunan (FPP) menilai keberadaan BUMD sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diharapkan mampu membantu pembiayaan daerah yang selama ini, tergantung pada pajak daerah dan retribusi daerah. Untuk itu, Fraksi Persatuan Pembangunan mendorong dibentuknya BUMD yang profesional akan mendatangkan keuntungan ganda bagi daerah. Yaitu selain keuntungan ekonomi karena perolehan laba, juga mendaoatkan keuntungan sosial karena BUMD dibentuk untuk kepentingan pelayanan rakyat. "Sebab menjadikan BUMD yang sehat diperlukan manajemen perusahaan yang profesional ditunjang dengan kemampuan keuangan yang baik," urai Habib Mahdi.

 

Politisi asal Probolinggo ini, menambahkan Pemprov. Jatim sudah berupaya semaksimal mungkin mendirikan 12 BUMD yang sudah berbadan hukum Perseroan terbatas atau PT. "Namun, jika dalam penggelolaanya tidak optimal akan menjadi beban, karena uang rakyat yang disetorkan sebagai modal dasar atau penyertaan modal BUMD," kata dia.

 

Bahwa tidak sedikit dana penyertaan modal yang sudah diberikan pada 12 BUMD. Tak tanggung-tanggung APBD Jawa Timur sudah memberikan Rp 3,6 Trilyun. Sementara untuk PT. PJU, uang rakyat Jawa Timur yang diberikan pada perusahaan plat merah yaitu sebesar Rp 154,8 Miliar, suatu angka yang cukup siknifikan terhadap PAD yang masuk ke kas daerah.

 

"Dan ini, harus menjadi catatan penting bahwa uang rakyat tidak bisa didiamkan begitu saja dan diharapkan mempunyai multi player efek yang jelas ke PAD Pemrov Jatim. Untuk itu PT PJU memberikan labah 20 % dari jumlah modal yang ditempatkan," kata dia.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved