Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus Tambang DPRD Jatim Dorong Daerah Dirikan BUMD Tambang

 
16 Desember 2015

Pansus Tambang DPRD Jatim Dorong Daerah Dirikan BUMD Tamban

Pansus Pertambangan DPRD Jatim mendorong Pemkab Lumajang untuk membuat BUMD Pertambangan untuk mengelola pertambangan khususnya tambang pasir. Ketua Pansus DPRD Jatim, Ahmad Hadinuddin mengatakan BUMD dibuat karena kualitas pasir Lumajang berkelas dibandingkan di daerah lain, sehingga perlu dilakukan pengelolaan biar bisa menambah restribusi bagi PAD Kabupaten Lumajang.

" Kalau ada BUMD tentunya tidak tergantung pada tambang swasta saja, Pemkab harus punya sendiri karena yang dikelola adalah tambang pasir dari gunung Semeru. Kualitasnya nomor satu,"terang politisi asal Partai Gerindra ini saat ditemui dikantornya, Rabu (16/12).

Ahmad Hadinuddin menyoroti diberlakukannya kartu kendali untuk restribusi pasir sebesar Rp 25 ribu per truk." Padahal melanggara Perda Kabupaten Lumajang No 34 tahun 2004 tentang pertambangan pasir yang menyebutkan restribusi untuk tambang pasir sebesar Rp 80 ribu/ truk. Kami menduga ini ada permainan oknum Pemkab Lumajang yang memainkan restribusi tambang pasir,"tandasnya. (Yudi)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved