Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Banggar DPRD Jatim Soroti Program SKPD yang Geje

 
16 Desember 2015

Banggar DPRD Jatim Soroti Program SKPD  yang Geje

Sudah menjadi agenda di akhit tahun bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukuan program-program yang bersifat  Geje alias gak jelas, hal ini terpaksa dilakukan untuk menghindari Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) yang terlalu banyak.

Menurut  Drs.H. Husnul Aqib, MM  Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Jatim menegaskan, selama ini SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur setiap kali menjelang akhit tahun anggaran beramai-ramai membuat kegiatan yang terkesan untuk menghamburkan uang APBD Jatim.

“ Jika menjelang akhir tahun banyak Dinas-Dinas menggelar kegiatan dan program, kalau memang SKPD pro aktif dalam mengadakan kegiatan tak seharusnya dilakukan pada akhir tahunan, sepertinya hanya menghindari Silpa yang terlalu banyak saja,” terang Husnul Aqib.

Pria yang akrab di panggil Kang Aqib ini menambahkan, selain upaya yang dilakukan SKPD mengadakan kegiatan atau program di akhir tahun, SKPD tersebut menghindari rapor merah dari DPRD Jatim. Ini karena dianggap program yang dilakukan berjalan maksimal dan pandai menyerap anggaran.

 “ Bilamana serapan anggaran SKPD itu rendah, maka sudah pasti menjadi catatan merah bagi Banggar DPRD Jatim untuk mengurangi alokasi anggaran di tahun berikutnya, “ tegasnya.

Karena itu, politisi asal F-PAN DPRD Jatim meminta supaya  SKPD di lingkungan Pemprov Jatim menjalankan program secara merata dan terstruktur. Selain itu program yang diajukan ke Dewan sudah diukur, dan planning penggarapanya sudah terjadwal, sehingga penyerapannya bisa maksimal.

Di contohkan Husnul Aqib yang juga duduk di Komisi A DPRD Jatim ini, bahwa SKPD Pemprov Jatim yang biasanya penyerapannya rendah adalah Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian dan Dinas PU Pengairan. Di harapkan ketiga SKPD tersebut kedepannya harus bisa memanfaatkan penyerapan anggaran lebih baik dengan mengadakan kegiatan atau program secara merata dan jangan di akhir tahun saja yang terkesan seperti program memaksa, imbuhnya.(Rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved