Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus Pertambangan Akan Panggil Direksi PT. BSI

 
04 Januari 2016

Pansus Pertambangan Akan Panggil Direksi PT. BSI

Panitia Khusus (Pansus) Pertambangan DPRD Jawa Timur dalam waktu dekat akan memanggil Jajaran Direksi PT Bumi Sukses Indo (BSI) ke Gedung DPRD jalan Indrapura Surabaya. Pemanggilan ini untuk mendalami informasi dan data yang didapat oleh Pansus, salah satunya persyaratan adminitrasi.

Ketua Pansus Pertambangan DPRD Jatim, Ahmad Hadinuddin mengatakan, masalah PT. BSI ini cukup komplek, mulai kelengkapan ijin, hingga pengalaman. Tambang emas yang dilakukan PT. BSI merupakan usaha pertambangan yang pertama kali, sehingga belum memiliki pengalaman di bidang penambangan.

Maka, perlu dilakukan kajian secara mendalam terkait masalah lingkungan, masalah sosial dan reklamasi pasca tambang sebagai bentuk langkah awal mengantisipasi berbagai permasalahan yang bisa ditimbulkan di kemudian hari. "Ketika kita evaluasi di lapangan, ternyata PT. BSI pengalamannya masih cukup minim. Maka, nanti perlu kajian terhadap dampak dari tambang," ujar Hadinuddin.

Selain itu, Pansus mempertanyakan dasar hukum yang di pakai oleh PT. BSI, sehingga dapat mengeluarkan dana CSR miliaran rupiah kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Padahal PT. BSI tersebut belum melakukan kegiatan penambangan. Di sisi lain, proses kelengkapan proses perijinan belum tuntas. "Dana itu dikhawatirkan dapat menjadi masalah dikemudian hari," tegas pria yang menjabat anggota Komisi D DPRD Jatim tersebut (Adi).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved