Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Targerkan Sebanyak 33 Raperda Selesai di Tahun 2016

 
05 Januari 2016

DPRD Jatim Targerkan Sebanyak 33 Raperda Selesai di Tahun 2016

Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur menargetkan sebanyak 33 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) akan dikerjakan dan digarap pada tahun 2016 ini.

Wakil Ketua Baperda DPRD Jatim, Irwan Setiawan di DPRD Jatim, Senin (4/1) mengatakan dimana 33 Perda yang dibuat dan diusulkan berasal dari 18 usulan dari Legislatif dan 15 diantaranya dari Eksekutif. Sebuah Perda haruslah berasal dari sinkronisasi antara Eksekutif dan Legislatif,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa enam usulan Dewan akan disidangkan dimasa Sidang Pertama. Yakni Raperda tentang Pencabutan Perda, Narkoba, Perlindungan Nelayan, PT Jatim Graha Utama, Aliran Sungai, Tenaga Kerja Lokal dan Asing.

Sedangkan  tujuh diantaranya akan disidangkan pada Masa Sidang II yang mencakup Raperda tentang Pengelolaan Sumber Daya Air, Penggabungan BUMD, Perlindungan Situs Bersejarah, Kekayaan Seni dan Budaya, HIV AIDS, Mutu Pelayanan Kesehatan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

“Sedangkan sisanya di Masa Sidang III, yakni tentang Pengelolaan Air Tanah, tentang Zona Pesisir dan Pulau Kecil, Pemberdayaan Kepemudaan dan tentang Penanganan  Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial,”ujarnya.

Sedangkan untuk Masa Sidang I usulan dari Eksekutif akan disidangkan enam Raperda diantaranya tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Sistem Kesehatan Provinsi, tentang Upaya Kesehatan, tentang Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ke Luar Negeri,  tentang Perlindungan Ketenagakerjaan, dan Penyertaan Modal.

“Dan saat Masa Sidang II terdapat empat Raperda yakni Perda tentang Tata Kerja Rumah Sakit, Pertanggung Jawaban APBD 2015, Kawasan Startegis Kaki Suramadu dan Pengelolaan Keuangan Daerah,”ujarnya.

Irwan yang juga politisi sal Fraksi PKS Jatim ini menambahkan, dimasa sidang terakhir membahas tentang Perubahan APBD 2016, tentang Kawasan Startegis Gunung Bromo, tentang Zona Pesisir dan Pulau Kecil, tentang Pelabuhan Pengumpan Regional, dan tentang APBD 2017.

Ketua Baperda DPRD Jatim, Ahmad Heri mengatakan tetap optimis 33 Raperda yang akan dibahas pada tahun 2016 bisa diselesaikan tepat waktu. Alasannya, sebagian besar usulan merupakan revisi atas Perda sebelumnya, sehingga pembahasannya lebih mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

"Saya tetap optimis 33 raperda itu bisa diselesaikan tepat waktu karena sebagian besar hanyalah revisi atas Perda sebelumnya untuk menyesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi,"tegas Ahmad Heri politisi asal Fraksi Nasdem - Hanura DPRD Jatim. (Panca)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved