Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus Pertambangan DPRD Datangi KLH dan ESDM

 
07 Januari 2016

Pansus Pertambangan DPRD Datangi KLH dan ESDM

Panitia Khusus (Pansus) Pertambangan DPRD Jawa Timur hari ini mendatangi Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Kementerian Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mencari data dan masukan terkait pertambangan di Jatim.

Anggota Pansus H. Karimullah Dahrujiadi, S.P dikonfirmasi pada Kamis (7/1) membenarkan bahwa hari ini hingga jumat besok semua anggota Pansus mendatangi dua Kementerian yaitu KLH dan ESDM  untuk pemenuhan data mendasar terkait pertambangan yang ada di Jatim.

"Dengan mendatangi dua Kementerian ini nanti diharapkan pegelolah tambang di Jatim tertata dengan baik, yaitu mana daerah yang tidak boleh ditambang maupun daerah mana saja yang boleh ditambang,"ujar Karimullah Politisi asal Fraksi Golkar DPRD Jatim.

Selain itu pihaknya juga meminta kepada Pemprov Jatim agar menghentikan proses lelang tambang emas di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Pasalnya, masyarakat di sekitar lokasi tambang menolak adanya eksploitasi pertambangan. "Sebelum adanya penilian dan persetujuan dari masyarakat di sekitar agar pertambangan di Jatim dihentikan dulu," ujarnya.

Wakil Ketua Pansus Pertambangan DPRD Jatim, Agus Dono berharap dengan mendatangi dua Kemnterian tersebut terutama Kementerian ESDM dapat mengeluarkan SOP (Standar Operating Procedure) yang mengurusi pertambangan di Jatim.

"Selama ini SOP ini tidak ada, sehingga Dinas ESDM Jatim tak bisa apa-apa karena terbentur SOP dari Kementerian. Ini yang akan kami kejar ke Pusat agar secepatnya mengeluarkan SOP agar pertambangan di Jatim dapat tertata dengan baik dari kajian Lingkungan Hidupnya dan segi masyarakatnya,"ujar Agus Dono Politisi asal Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim. (Panca)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved