Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Suntik Dana APBD Untuk Pengelola Tumpang Pitu, Pansus Tambang Sebut Bupati Banyuwangi Lakukan Kesalahan

 
11 Januari 2016

Suntik Dana APBD Untuk Pengelola Tumpang Pitu, Pansus Tambang Sebut Bupati Banyuwangi Lakukan Kesalahan


Pansus Pertambangan DPRD Jatim menemukan kesalahan dalam proses perijinan pertambangan di Tumpang Pitu Banyuwangi yang dilakukan oleh Bupati Banyuwangi. Kesalahan tersebut terletak adanya Perda Bupati Banyuwangi Nomor 6 tahun 2014 tentang Penyertaan Modal Daerah kepada pihak ketiga.

 

Menurut Ketua Pansus Pertambangan DPRD Jatim, Achmad Hadinuddin mengatakan dalam Perda tersebut diketahui bahwa Pemkab. Banyuwangi ternyata memberikan dana APBDnya sebesar Rp. 22.900.000.000 kepada PT Merdeka Serasi Jaya yang merupakan anak perusahaan dari PT BSI (Bumi Sukses Indo) selaku pengelola tambang Tumpang Pitu.

 

"Kesalahannya terletak pemberian dana tersebut, yaitu punya kepentingan apa Bupati Banyuwangi menyuntik anggaran APBD Kabupaten Banyuwangi ke pengelola tambang. Untuk apa Pemkab. menyuntik dana APBD ke pengelola tambang. Seharusnya mereka ini punya modal besar untuk melakukan kegiatan pertambangan. Kami curiga ada permainan antara Bupati dengan pihak PT BSI,"jelasnya saat ditemui dikantornya, Senin (11/1).


Politisi asal Partai Gerindra ini mengatakan begitu juga saat hearing dengan Pj Bupati Banyuwangi Zarkasi juga menjelaskan kalau modal PT. BSI murni swasta. "Tapi faktanya mereka menyuntik modal PT BSI dari APBD Banyuwangi. Ini jelas pelanggaran sekali dan ini akan kami persoalkan ke Pj. Bupati Banyuwangi,"tutup pria asal Jember ini. (Yudi).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved