Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perhatikan Nasib PKL

 
04 April 2013

Suara Indrapura : Jika nasib Pedagang Kaki Lima (PKL)  selalu dipandang sebelah mata oleh masyarakat, ternyata tidak demikian di mata anggota DPRD Jatim dari FPDIP, Umar Bashor. Sejak dilantik menjadi wakil rakyat, dirinya memiliki keinginan untuk meningkatkan perekonomian para PKL yang rata-rata mereka ini berasal dari warga yang kurang mampu.

“Kalau kita tidak memperhatikan kehidupan mereka, siapa lagi yang akan membantu mereka,” tegas Umar bertanya.

Pihaknya berupaya untuk mendirikan sentral-sentral PKL yang ada di wilayah dapil IV yang meliputi Jember dan Lumajang. Apalagi PKL merupakan usaha satu-satunya milik masyarakat yang tahan dengan situasi dan kondisi apapun seperti saat Indonesia terkena krisis moneter (krismon). Keberadaan PKL notabene juga membantu pemerintah dalam menciptakan lapangan pekerjaan. “Seharusnya pemerintah memberikan bantuan kepada mereka ini. Karena secara tidak disengaja, ternyata mereka mampu mengurangi jumlah pengangguran selain menggeliatkan perekonomian di Jatim,” tambahnya.

Umar berharap keberadaan PKL jangan sampai terusir. Tinggal dipikirkan cara bagaimana menata mereka agar tidak membuat kotor wajah kota. Diantaranya dengan didirikannya sentral PKL seperti halnya di Surabaya. Selain pemerintah memberikan peningkatkan pendapatan mereka, menekan jumlah pengangguran sekaligus dapat meingkatkan pendapatan pemerintah lewat retribusi.

Selain itu, pemerintah juga berkewajiban memberikan bantuan modal kepada para PKL. Apapun mereka masyarakat yang ingin bekerja sendiri secara mandiri dan seharusnya mendapat suntikan modal. Dengan begitu mereka tidak bergantung lagi kepada pemerintah dan yang terpenting dapat meningkatkan indeks perekonomian di Jatim yang selama ini diatas rata-rata secara nasional. (Ajeng)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved