Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pelantikan Bupati Serentak Di Jakarta, DPRD Jatim Tegas Menolak

 
02 Februari 2016

Pelantikan Bupati Serentak Di Jakarta, DPRD Jatim Tegas Menolak

Wakil Ketua DPRD Jatim Kusnadi mengatakan pelantikan Kepala Daerah hasil Pilkada serentak seharusnya dilakukan di daerah, sehingga tidak perlu dilakukan di Istana Negara. "Gak mungkin kalau dilakukan disana, karena sahnya pelantikan Kepala Daerah harus dilalui kuorum dengan melakukan Sidang Paripurna Istimewa DPRD,"ungkapnya di Surabaya, Selasa (2/2).

Kusnadi mengatakn jika pemerintah berkeinginan untuk melakukan pelantikan di Istana Negara, tentunya harus dilandasi aturan yang ada. "Nanti melakukan pelantikan tetapi bisa tidak sah,"lanjut politisi asal PDIP ini.

Ditambahkan oleh Kusnadi, bisa saja pelantikan dilakukan di Istana Negara, namun harus ada dasar hukum yang mengatur pelantikan tersebut."Bisa saja membuat sebuah Perpu. Lalu kalau dibuat Perpu tentunya negara dalam kondisi darurat misalnya ada perang dan lain-lain. Ini yang harus dipikirkan oleh pemerintah jangan asal paksa saja,"jelasnya.

Sebelumnya, Mendagri Tjahyo Kumolo membari sinyal akan melantik Kepala Daerah yang memenangi Pilkada di Jatim akan dilantik serentak di Jatim.(Yudi)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved