Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pimpinan Aktifkan Kembali Piket Anggota DPRD Jatim

 
05 Februari 2016

Pimpinan Aktifkan Kembali Piket Anggota DPRD Jatim

Kosongnya kantor DPRD Jatim  akibat ditinggalkan Kunjungan Kerja (kunker)  masal awal Januari lalu menjadi bahan evaluasi para anggota Dewan. Badan Musyarawah (Bamus) pun menyusun jadwal piket berjaga kantor. Dengan begitu, Gedung Dewan tidak kosong.

Wakil Ketua DPRD Jatim Tjutjuk Sunario menjelaskan aturan piket sebenarnya sudah ada. Hanya saja aturan tersebut tidak dalam bentuk tertulis. Akibatnya, para anggota Dewan merasa tidak memiliki kewajiban untuk berkantor di gedung Dewan. ”Dari situ kami buat aturannya,” katanya.

Sebanyak lima Komisi mendapat giliran piket dari Senin hingga Jumat. Nantinya setiap Ketua Komisi menunjuk minimal 5 orang anggota Dewan agar tetap berada di kantor, saat para koleganya ada kegiatan ke luar kota. Mereka yang piket bisa bergantian. Bila pekan ini berkesempatan kunker, maka pekan depannya harus tetap berjaga di kantor. ” Ketua komisi nanti akan mengaturnya,” kata pria yang juga menjabat Wakil Ketua Bamus ini.

Tjutjuk menegaskan akan ada sanksi teguran bila kejadian kantor Dewan kosong terulang. Sanksi tersebut diberikan kepada Komisi yang melanggarnya. Bamus juga mengatur jadwal kunker para anggota Dewan setiap bulannya. Tujuannya agar keberangkatan para Legislator itu tidak tumpang tindih. Namun, kebijakan piket tersebut tetap harus dibuktikan. Apakah sudah terlaksana dengan baik ataukah sebaliknya.

Wakil Ketua Komisi E Suli Da’im menyambut baik aturan itu. Menurut dia sudah menjadi kewajiban bagi anggota Dewan untuk menjaga kantor tidak kosong. ”Agar masyarakat yang mau menyampaikan aspirasi dapat ditampung oleh Wakil Rakyat,” kata Politisi PAN ini.

Soal kunker, Suli berdalih hal wajar-wajar saja. Sebab, kunjungan ke sana kemari memang bagian dari tugas kedewanan. ”Memang seharusnya kunker itu diatur,” ucap mantan Ketua Pemuda Muhammadiah Jatim ini. (Panca).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved