Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus Resmi Cabut Ijin Tambang Pasir Besi Jember

 
12 Februari 2016

Pansus Resmi Cabut Ijin Tambang Pasir Besi Jember

 

Panitia Khusus (Pansus) Pertambangan DPRD Jatim resmi mencabut ijin tambang pasir besi di Paseban, Jember, meskipun masa ijinnya hingga tahun 2023. Mengingat tambang tersebut menyalahi aturan yakni berada di pesisir pantai selatan.

 

"Hasil evaluasi rapat Pansus ada beberapa tambang yang direkomendasikan ijinnya dicabut. Terutama tambang pasir besi di Paseban. Kita anulir ijinnya karena menyalahi aturan," ujar Wakil Ketua Pansus Pertambangan, Miftahul Ulum, di Surabaya, Jum'at (12/2/2016).

 

Menurut Cak Ulum, sapaan akrab Miftahul Ulum, ijin yang dikeluarkan semasa Bupati Jember MZA Djalal tersebut melanggar aturan karena tidak sesuai dengan Rencana Tata Ruang Nasional (RTRN). Dimana area pesisir pantai selatan tidak diperkenankan ada kegiatan tambang,karena dapat merusak lingkungan.

 

Anehnya lagi RTRW Kabupaten Jember baru dibuat tahun 2015, sehingga ijin itu tidak ada cantolan hukumnya, baik RTRN, RTRW, maupun undang-undang. "Bupati Djalal itu ngawur mengeluarkan ijin pada tahun 2013. Jangan mengacu RTRN, RTRW Kabupaten aja baru muncul dua tahun kemudian," tegas Cak Ulum.

 

Wakil ketua Komisi A DPRD Jatim itu menjelaskan, selain regulasi, warga sekitar juga tidak sepakat adanya tambang pasir di lingkungannya. Mereka menolak, dan meminta agar aktifitas tambang dihentikan.

 

Dengan lahirnya Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, maka kewenangan tambang diserahkan ke provinsi. Pemprov Jatim harus lebih selektif sebelum mengeluarkan semua ijin tambang. (Adi)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved