Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Minta Diberikan Izin Menambang, Penambang Tradisional Lumajang

 
23 Februari 2016

Minta Diberikan Izin Menambang, Penambang Tradisional Lumajang

Para penambang pasir tradisional asal Lumajang, mendesak agar mereka segera diberikan izin untuk melakukan aktivitas pertambangan di sejumlah Desa. Sebab, selama ini aktivitas mereka selalu dianggap illegal karena tidak izin resmi. “Karena kami kalau mau mengajukan izin itu selalu dihambat, dan sekarang sudah berhenti di Dinas ESDM Pemprov Jatim,” ujar Koordinator Penambang Tradisional Lumajang, Mansur Hidayat, saat melakukan hearing di DPRD Jatim, senin (22/2).

Mansur mengungkapkan, dia tidak mengerti mengapa hingga saat ini pihak Dinas ESDM Pemprov Jatim tidak segera mengeluarkan izin tersebut. “Yang saya tahu karena tidak ada rekomendasi dari Bupati Lumajang sejak awal tidak berpihak pada penambang tradisional,” papar Mansur.

Oleh karena itu, Mansur mendesak agar DPRD Jatim bisa menfasilitasi masalah itu. Sebab, saat ini terdapat 15 ribu penambang tradisional di 20 Desa Lumajang, yang tidak bisa melakukan aktivitasnya karena terkendala izin. Sementara itu, anggota Pansus Tambang DPRD  Jatim Agus Dono Wibawanto mengatakan, selama ini pihaknya sudah berusaha untuk melindungi penambang tradisional. Salah satunya dengan menambahkan sejumlah usulan dalam draf Pergub Pertambangan.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved