Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Banggar Akui Mendagri Kaget dengan Isi Pergub Nomor 14 Tahun 2015

 
15 Maret 2016

Banggar Akui Mendagri Kaget dengan Isi Pergub Nomor 14 Tahun 2015

Keluarnya Pergub Nomor 14 Tahun 2015 tentang dana hibah sempat menjadi bahan tertawaan Mendagri. Pasalnya, dalam klausul didalamnya terdapat persyaratan Pokmas yang bisa menerima hibah selain. berbadan hukum, minimal usianya harus tiga tahun. Tentunya persyaratan ini akan memberatkan Pokmas dan anggota Dewan pesimis jika dana hibah yang diambilkan dari APBD Jatim sebesar Rp. 5 triliun tidak terserap penuh.

Ketua Fraksi PAN Jatim, Malik Effendi menegaskan beberapa waktu lalu Banggar melakukan konsultasi ke Mendagri. Saat itu Mendagri sempat keget dan tersenyum ketika melihat Pergub. Nomor 14 Tahun 2015 terkait dana hibah. Dimana dalam UU disebutkan persyaratan tiga tahun hanya dipakai untuk Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Sementara untuk Pokmas hanya cuma bantuan hukum saja.

"Jadi saya kira tidak ada masalah soal penyaluran dana hibah ke Pokmas-Pokmas. Namun demikian Dewan tetap akan mengajukan revisi terhadap Pergub tersebut agar tidak interprestasi dilingkup SKPD di Pemprov Jatim,"tegas Politisi asal PAN Jatim.

Senada juga diungkapkan Anggota Komisi B DPRD Jatim, Moh. Zainul Lutfi. Menunurutnya, saat ini memang banyak SKPD di Pemprov Jaim dalam mencairkan dana hibah. Pasalnya di kalusul Pergub. disebutkan minimal tiga tahun. Padahal kalau mau dipahami jika klausul tersebut hanya untuk Ormas.

"Memang masalah tersebut harus segera diluruskan, dengan harapan dana hibah bisa terserap maksimal di masyarakat. Jika tidak maka yang dirugikan  adalah pemerintah sendiri, "tambahnya. (Siti).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved