Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Bantu Alat Tanam Bibit Padi

 
04 April 2013

Suara Indrapura : Sadar jika hampir 70 persen masyarakat di wilayah daerah pemilihan (dapil) VIII yang meliputi Kab/Kota Madiun, Kab/Kota Mojokerto, Kab. Nganjuk dan Kab Jombang hidup sebagai petani, membuat anggota DPRD Jatim, Suhartin memberikan bantuan berupa alat bantu tanam bibit padi. Apalagi, kini masyarakat disana khususnya kaum muda sudah tidak lagi tertarik untuk turun ke sawah. Sementara para petani yang ada usinya-pun sudah tua.

“Artinya tenaga mereka sudah tidak mampu lagi jika harus menanam bibit satu persatu di sawah. Sementara kaum mudanya condong bekerja di pabrik. Otomatis areal persawahan yang ada hanya digarap para petani tua. Nah, untuk membantu mereka agar kerjanya dapat maksimal, maka sangat dibutuhkan alat tanam bibit padi,” tegas perempuan yang juga politisi asal Partai Demokrat.

Ditambahkannya, bantuan alat tanam bibit tersebut ada di 11 titik. Diharapkan dari bantuan alat ini membuat hasil panen mereka akan maksimal. Apalagi saat ini Jatim terus ingin menjadi wilayah swasembada pangan, yang intinya semua kebutukan in farm harus terpenuhi.

Selain bantuan alat tanam, tegas perempuan ayu ini masalah infrastruktur masih menjadi kendala paling serius di hampir semua wilayah di dapil IX. Karenanya dengan kondisi infrastruktur yang belum stabil membuat hasil pertanian tidak dapat terangkut secara maksimal.

“Untuk itu kami akan berusaha keras agar infrastruktur khusus jalan yang menghubungkan antara satu desa dengan desa lainnya dapat segera terealisasi. Dengan begitu mereka tak akan lagi kesulitan menjual hasil panennya. Disisi lain, pendapatan mereka secara tidak langsung juga akan mengalami kenaikan,” tambahnya. (Ajeng)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved