Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Bentuk Pansus LKPJ 2015

 
30 Maret 2016

DPRD Jatim Bentuk Pansus LKPJ 2015

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur membentuk Panitia Khusus (Pansus) tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Jatim dan Wakil Gubernur Jatim periode 2015. Dalam Pansus LKPJ ini langsung dipimpin Hartoyo dari Fraksi Partai Demokrat Jatim. Dimana tugas dari Pansus ini yaitu mengevaluasi dan memberikan masukan terkait kinerja Eksekutif di tahun 2015.

Ketua Pansus LKPJ 2015, Hartoyo mengatakan ditemui usai Paripurna di DPRD Jatim, senin (29/3) mengatakan dalam waktu dekat pihaknya mengumpulkan data dari seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkan Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Jatim. “Sampai saat ini, kami (Pansus) masih mengumpulkan data maupun informasi terkait pelaksanaan SKPD,”ujarnya.

Hartoyo politisi asal Fraksi Partai Demokrat ini, dari data yang didapat melalui SKPD nanti akan diramu, untuk dilakukan evaluasi terkait Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Gubernur periode 2014. “Pendalaman terhadap kinerja SKPD dengan mengevaluasi Lembaga Dinas tersebut per tahunnya, sampai jabatan Gubernur berakhir,” ujarnya.

Terkait bidang apa saja yang akan dilakukan evaluasi LKPJ tersebut ia mengatakan untuk evaluasi ini akan dilakukan di semua bidang yang menjadi program Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, yaitu seperti program pendidikan, kesehatan, infrastruktur (pelabuhan, bandara, jalan, kesehatan, IPM masyarakat Jawa Timur. “Kita melihatnya target peningkatan seperti apa,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf yang membacakan LKPJ Gubernur Jatim, mengatakan penyusunan laporan LKPJ ini sudah berpedoman pada Nomor 3 Tahun 2007, pasal 15 - 23 khususnya pasal 16 yang menyatakan bahwa LKPJ Gubernur disusun berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

Lebih lanjut ia menjelasakan pengukuran kinerja terhadap LKPJ 2015 menggunakan delapan indikator kinerja utama (IKU), yaitu prosentasi tingkat pertumbuhan ekonomi, Prosentase tingkat pengangguran terbuka, Indeks Disparitas Wilayah, dan Indeks Pembangunan Manusia, Indeks Pembangunan Gender dan Kualitas air.

"LKPJ ini diharapkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat Jatim untuk meningkatkan kesejahteraan yang lebih baik sebelumnya, utamanya bagi masyarakat yang masih tergolong rendah tingkat kesejahteraannya," ujarnya. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved