Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Agatha Retnosari FPDIP, Penduduk Miskin Meingkat

 
13 April 2016

Agatha Retnosari FPDIP,  Penduduk Miskin Meingkat

Anggota Fraksi PDIP  Jatim, Agatha Retnosari mengatakan, meski prosentase penduduk miskin di tahun 2015 tetap seperti tahun 2014, sebesar 12,28 persen. Namun jumlahnya mengalami kenaikan sebanyak 27,55 ribu penduduk miskin.

Meningkatnya penduduk miskin ini, menjadi salah satu penyebab melebarnya disparitas di Jawa Timur, menunjukan sejumlah program yang diperuntukkan untuk sektor kemiskinan tidak jalan dengan baik. Selain itu, masih banyak program SKPD terkait tidak tepat sasaran.“Bisa jadi program yang dibuat tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang sebenarnya,” ujar Agatha.

Anggota Komisi E DPRD Jatim ini juga menambahkan, mengawal kebijakan Jawa Timur benar-benar kosentrasi APBD untuk rakyat, pihaknya mendesak Gubernur mengoptimalkan programnya, khususnya yang menyangkut program kerakyatan. Selain itu, Agatha juga menyoroti lemahnya harga gabah saat musim panen. Menurut dirinya, tidak seharusnya harga gabah rendah, karena petani di Jatim sudah terlindungi dengan Perda Jatim Nomor 5 Tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. “Kondisi ini, karena ada beberapa sasaran strategis yang belum tercapai,” kata dia.

Data yang diperoleh PDIP menyebutkan, beberapa sasaran starategis dengan indikator luas panen, produktivitas dan jumlah produksi tahun 2015 yang belum dapat tercapai. Seperti kedalai 65 %, pisang 85%, cabai besar 88%, Produktivitas dibawah target seperti, jeruk keprok/siam 59%, buah-buahan 72%, bawang merah 77%. Sedang  jumlah produk dibawah target seperti, kedelai 71%, cabai besar 77% dan cabai rawit 81%. (Hidayat).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved