Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pemenang Lomba Kitab Kuning Tingkat Jatim Kunjungi DPRD

 
11 April 2016

Pemenang Lomba Kitab Kuning Tingkat Jatim Kunjungi DPRD

Pemenang lomba Kitab Kuning dari tingkat Jawa Timur melakukan kunjungan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Senin (11/4) sore. Mereka adalah para juara satu dan dua lomba Kitab Kuning (Ihya Ulumuddin) yang diselenggarakan  Fraksi PKB Jatim. Selanjutnya para santri ini akan bertanding di tingkat Nasional.

Para pemenang lomba Kitab Kuning ini merupakan Santri berprestasi langsung diterima Ketua DPRD Jatim yang berasal dari Fraksi PKB Abdul Halim Iskandar. "Dulu Kitab Kuning wajib di tiap Pesantren. Tapi sekarang Naskah Klasik ini tidak ada di setiap kurikulum Pesantren. Sebab itu lomba ini sangat istimewa," kata Abdul Halim Iskandar, usai menerima kunjungan para Santri di ruang Banmus DPRD Jatim.

Dikatakan, penyusunan Kitab-Kitab lain ini tidak sama dengan menyusun buku. Kitab-Kitab lama ini selain ilmu jug ngelmu.  "Ini perlu dibangkitkan kembali untuk menguri-uri atau melestarikan Kitab yang cukup sakral ini, yaitu Ihya Ulumuddin " kata Halim.

Halim mengaku prihatin karena sekarang generasi muda yang menguasai Ihya Ulumuddin semakin sedikit. Ini karena terkait jumlah pondok juga semakin sedikit. Sebab itu, lomba semacam ini cukup penting bagi generasi muda saat ini

Santri yang hadir di DPRD Jatim adalah 20 orang yang mengikuti lomba tingkat Jatim di lima pesantren, yaitu Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo, Al Karimiah Sumenep, Sidogiri Pasuruan, Lirboyo Kediri, dan Darussalam Banyuwangi.

"Jatim menargetkan juara nasional, karena Jatim adalah basis Pesantren sSlaf yang di dunia dan di Indonesia, "tegas Halim politisi asal Fraksi PKB Jatim ini. (Panca)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved