Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perhatikan Pemerataan Pembangunan Manusia Di Pedesaan

 
13 April 2016

Perhatikan Pemerataan Pembangunan Manusia Di Pedesaan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur meminta kepada Pemerintah Provinsi untuk melakukan pemerataan pembangunan manusia ditingkat pedesaan di Jatim.

Juru Bicara Fraksi Gerindra DPRD Jatim, dr. Benjamin Kristianto, Mars di Rapat Paripurna Laporan Keuangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Jatim 2015 di DPRD, Selasa (12/4) mengatakan Fraksi Gerindra menyambut postif tingkat pertumbuhan ekonomi di Jatim mulai mengalami peningkatan. Dimana peningkatan hanya terjadi di perkotaan saja tapi ditingkat pedesaan sangat berkurang, karena kurang mendapatkan pelatihan oleh Provinsi Jatim.  "Kalau inflasi diperkotaan juga berkembang bagus tapi inflansi dipedesaan ini terasa berat, karena dipedesaan mata pencarian hanya sebagai petani," ujarnya.

Oleh karena itu untuk mengurangi dan mengatasi disparitas  pedesaan pihaknya meminta kepada Pemerintah agar melakukan peningkatan keterampilan, terutama pelatihan UMKM kepada masyarakat pedesaan agar masyarakat di pedesaan bisa bersaing dengan masyarakat perkotaan, begitu pula saat menghadapi MEA masyarakat pedesaan bisa bersaing.

Selain iti pihaknya juga meminta pembenahan disektor infrastruktur dan pertanian. Dimana untuk pertanian pihaknya meminta Pemerintah untuk memberikan bantuan alat pertanian bagi masyarakat pedesaan. Sementara infrastruktur Waduk Gongseng Bojonegoro pihaknya meminta kepada pemerintah agar menyelesaikan pembangunan tersebut.

Begitu juga terkait permasalahan jalur lintas selatan (JLS) pihakny meminta kepada Pemerintah Provinsi Jatim agar serius terhadap pembangunan JLS tersebut. Karena saat ini mulai tersambung pacitan hingga Banyuwangi.

Sementara itu disektor pendidikan pihaknya meminta pemprov jatim untuk meningkatkan alokasi anggarannya, karena mulai tahun ini SMA/SMK sudah diambilalih oleh Pemprov Jatim.  "Peningkatan anggaran pendidikan perlu dilakukan agar masyarakat di Jatim bisa menikmati pendidikan gratis dari Pemerintah,"ujarnya.

Sementara itu juru bicara Fraksi PPP Jatim, H Rofik mengatakan fraksi PPP mengapresiasi kenaikan pertumbuhan ekonomi di Jatim pada tahun 2015 yaitu sebesar 5,44 persen. Namun patut disayangkan pertumbuhan ekonomi tersebut jauh dari target yang telah ditetapkan dalam RPJMD tahun 2015 sebesar 6,88 persen.

"Oleh karena itu Fraksi PPP Jatim berharap kepada Pemprov Jatim untuk menggenjot daerah - daerah Kabupaten/Kota di Jatim yang masih jauh tertinggal dalam pertumbuhan ekonominya,"ujarnya.

Selain itu pihaknya meminta kepada Pemerintah Provinsi Jatim mengevaluasi   terhadap kinerja tingkat kemiskinan di jatim. Pasalnya PPP menyayangkan berbagai kebijakan Program Gubernur 2015 ternyata masih kontra prestasi dan tidak berhasil guna mulai tahun 2014  dan 2015 tidak mengalami perubahan sama sekali.  "Oleh karena itu pihaknya berharap Pemerintah harus mengeluarkan program yang lebih baik dalam mengentaskan kemiskinan di Jatim,"ujarnya. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved