Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus: Batalkan Swastanisasi Tarikan Retribusi Tambang

 
12 Mei 2016


Pansus Pertambangan DPRD Jatim menuding Pemkab Lumajang telah melakukan pembiaran terhadap pungutan retribusi tambang pasir yang dilakukan pihak swasta, yaitu KSO Mutiara Halim.

Ketua Pansus Pertambangan DPRD Jatim, Ahmad Hadinuddin SPdI mengatakan masih adanya retribusi liar tersebut diketahui dari hasil hearing dengan Pemkab Lumajang yang digelar pada Senin (9/5) lalu.

"Tadi Pemkab Lumajang menjelaskan kalau pihaknya sudah menandatangani MoU dengan swasta, yaitu KSO Mutiara Halim. Padahal ini sudah jelas pelanggaran karena saat ini urusan pertambangan diserahkan ke Pemprov Jatim," ungkap Hadinuddin di Gedung DPRD.

Ditambahkan politisi asal Partai gerindra ini, pihaknya mendesak Pemkab Lumajang untuk menghentikan perjanjian tersebut karena dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan kemudian hari.

"Pansus sedang menata tata kelola pertambangan di Jatim. Tapi di sisi lain ada pungutan liar dari pihak swasta yang sudah disetujui Pemkab Lumajang. Ini harus dihentikan atau dinolkan agar masalah pertambangan di Lumajang dapat diatur," tegas Hadinuddin.

Anggota Komisi D DPRD Jatim ini menegaskan pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil Bupati Lumajang untuk dimintai keterangannya terkait penarikan liar dari KSO Mutiara Halim tersebut. (bredo)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved