Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dana Bantuan Infrastuktur Rp50M Perlu Dikawal

 
03 April 2013

Suara Indrapura : Perlu pengawalan ketat terkait bantuan Pemprov Jatim terhadap kabupaten/kota se-Jatim dalam pembangunan infrastruktur  masing-masing Rp50 miliar. Hal ini sebagai antisipasi penyalahgunaan pemakaian dana tersebut untuk program yang lain oleh kabupaten/kota. “Jujur saya banyak melihat dana tersebut tidak digunakan sebagaimana alokasinya. Untuk itu perlu ada pengawalan yang ketat alias di kunci oleh Pemprov Jatim,” tegas Anggota DPRD Jatim, Agus Salim.

Ditambahkanya, selama ini banyak dana bantuan dari Pemprov Jatim digunakan untuk kepentingan program lain oleh Pemkab/Pemkot. Padahal, alokasi dana sebesar Rp50 miliar lebih diprioritaskan untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan provinsi dan infrastruktur lainnya yang ada di kabupaten/kota se-Jatim.

Selain mengenai bantuan dana dari Pemprov Jatim, politisi asal Partai Golkar Jatim ini meminta pemerintah membangun  jalan pertanian di wilayah Lumajang. Pasalnya, selama ini petani sangat kesulitan ketika harus membawa tanah dari sawah ke tepi jalan. Sementara, yang memiliki jalan pertanian hanyalah PTP (PT Perkebunan), sedang Dinas Pertanian tidak pernah membuat akses jalan tersebut yang sebenarnya sangat dibutuhkan petani saat membawa hasil panennya atau membawa tanah.

“Oleh karenanya saya mendesak masalah jalan pertanian agar segera direalisasikan. Agar para petani dengan mudah mengangkut hasil panen untuk ditransfer  ke tepi jalan. Jalan pertanian saat ini banyak dimiliki PTP atau Pabrik Gula, sementara dinas pertanian tidak punya,” ungkapnya.

Dengan begitu indeks petani dapat ditingkatkan dari 114 menjadi 120. Tidak seperti saat ini pendapatan mereka terpaksa turun karena harus mengeluarkan dana untuk membayar ongkos angkut.

Sementara ditingkat perkotaan saluran dan plengsengan masih menjadi permasalahan yang harus segera mendapat perhatian. Mengingat dengan plengsengan, air yang meluap dari saluran saat hujan lebat turun akan langsung masuk ke rumah warga. Apalagi air yang masuk ke rumah disertai pasir. “Karenanya pembangunan plengsengan menjadi prioritas untuk segera diselesaikan. Termasuk pembuatan saluran air,” tandasnya. (Noni)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved