Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Saat Puasa, Baperda Agendakan Pengesahan Tiga Raperda

 
23 Mei 2016

 

Bulan Ramadan atau biasa dikenal dengan bulan puasa tahun ini akan dimulai pada 6 Juni 2016. Umumnya kinerja PNS maupun swasta akan menurun saat bulan puasa karena harus berhenti makan dan minum sejak subuh sampai maghrib tiba.
Tapi tampaknya hal itu tak berlaku di lingkungan gedung parlemen. Pasalnya, di bulan Juni yang bertepatan dengan bulan puasa, DPRD Jawa Timur justru meningkatkan produktifitas mereka dengan bakal mengesahkan sedikitnya tiga Raperda menjadi Peraturan daerah (Perda).

Irwan Setiawan SIP selaku pimpinan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) membeberkan pada bulan Juni, pihaknya akan mengesahkan sedikitnya tiga Raperda, yakni 1. Raperda Penguatan dan Perlindungan Tenaga Kerja, 2. Raperda Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan 3. Pencabutan beberapa perda lama.

“Tiga raperda itu akan disahkan pada bulan Juni. Sebenarnya, raperda itu sudah bisa disahkan pada bulan Mei ini, namun karena ada mekanisme baru yaitu fasilitasi oleh Kemendagri baru bisa ditetapkan dalam paripurna,” terang Wakil Ketua Baperda Jatim itu, Jumat (20/5) lalu.

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Jawa Timur ini mengungkapkan, ada sejumlah Perda yang masuk daftar akan dicabut, seperti Perda Nomor 11 Tahun 2003 tentang Pengujian Tipe, Sertifikasi Teknis Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan dan Kereta Tempelan sebagaimana telah diubah dengan Perda Nomor 1 Tahun 2008.

Lalu ada Perda Nomor 4 Tahun 2008 tentang Sistem Jaminan Kesehatan Daerah di Jawa Timur, selain itu ada juga Perda Nomor 7 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Provinsi Jawa Timur.

“Ada beberapa Perda yang kita cabut atau batalkan, semua itu akan dilakukan dalam sidang paripurna bulan depan,” ujar politisi yang akrab disapa Kang Irwan yang juga anggota Komisi C ini. (adi)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved