Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Setuju Pemotongan Anggaran Di SKPD Pada PAPBD 2016

 
10 Juni 2016

DPRD Jatim Setuju Pemotongan Anggaran Di SKPD Pada PAPBD 2016

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur setuju dengan adanya pemotongan anggaran di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Jatim pada anggaran pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016.

Anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKS, Yusuf Rohana ditemui usai rapat pimpinan DPRD Jatim dengan Sekdaprov Jatim, Jumat (10/6) mengatakan pemotongan ini dilakukan setelah pendapatan pada APBD 2015  menurun maka berimbas pada P. APBD 2016, dimana anggaran ini menurun terjadi pada dana perimbangan pusat dan pendapat asli seperti BBNKB tidak sesuai target.

"Dengan adanya target menurun maka pada PAPBD tahun anggaran 2016 minus sekitar Rp. 800 M. Oleh karena salah satunya caranya yaitu mengurangi anggaran di SKPD secara merata, apabila pada 2015  sekitar 6 persen, maka pada PAPBD minimal 10 persen untuk pemotongannya,"ujarnya.

Namun masalah pemotongan ini nanti akan dilakukan pembicaraan terlebih dahulu di komisi, mana yang diprioritaskan dahulu anggaran yang penting, karena pada prioritas anggaran APBD 2016 untuk dilakukan yaitu dibuat cadangan Pilgub 2018, dana buat PDAB dan Spin of Bank Jatim.

"Lebih baik untuk pemotongan SKPD sekarang agar pada 2017 diharapkan kondisi ekonomi lebih baik lagi, dan pemotongan anggaran ini juga terjadi secara nasional di PAPBN 2016,"ujarnya.

Dengan adanya pemotongan ini apakah juga berimbas pada dana pengadaan modal seperti prioritas seperti dana pendidikan  ia mengatakan untuk seperti pengadaan buat pendidikan mutlak harus dilakukan, apabila belanja modal itu tidak urgen maka akan dilakukan pemotongan.

"Karenanya nanti akan dievaluasi lagi pada PAPBD 2016, dan pihak SKPD harus menerima adanya pemotongan ini,"papar Yusuf Rohana yang juga ketua Fraksi PKS di DPRD Jatim. (Nurul)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved