Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perubahan Anggaran Keuangan Tak Ada Dana Anggaran Untuk JLS

 
13 Juni 2016

Perubahan Anggaran Keuangan Tak Ada Dana Anggaran Untuk JLS

Dalam pembahasan Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2016 pada Juni ini tidak ada alokasi untuk kelanjutan proyek pembangunan jalur lintas selatan (JLS).

Sementara APBN 2016 hanya mengalokasikan Rp. 164 miliar,  sedang APBD Jatim yang murni  2016 tidak menganggarkan sama sekali. Padahal JLS ini ditargetkan selesai 2018 mendatang.

Ketua komisi D DPRD Jatim, Edi paripurna menerangkan, Badan Anggaran (Banggar) kemungkinan besar tidak mengalokasikan anggaran untuk JLS. Apalagi diketahui P. APBD 2016 ini mengalami devisit hingga Rp. 650 miliar.

Di sisi lain, persoalan JLS semakin pelik saat PP terkait persoalan lahan milik perhutani yang digunakan untuk manfaat insfrastuktur hingga kini tidak jelas hasilnya. Akibatnya, hingga kini praktis tidak ada penambahan jalan.”saya kira kita menunggu hasil pembahasan dari Banggar. Namun jika dilihat dari posisi anggaran yang ada dalam pembahasan PAK APBD 2016 sangat tidak mungkin ada alokasi untuk JlS. Sementara harapan kita agar APBN memberikan tambahan juga tak mungkin meski proyek JLS sudah masuk dalam proyek nasional, tapi bukan prioritas,”papar Edi Paripurna.

Meski demikian, kata Politisi PDI P ini, Komisi D DPRD Jatim bersama Komisi V DPR RI akan terus mendorong pemerintah pusat untuk menyelesaikan janjinya untuk mengurangi angka disparitas wilayah lewat pembangunan JLS mulai dari Pacitan hingga Banyuwangi.

Sementara itu, Anggota Komisi D lainya, Abdul Halim mengaku tidak mungkin dalam pembahasan PAK APBD 2016 mengalokasikan anggaran JlS. Ini karena dalam PAK APBD hanya membahas program pembangunan masyarakat yang dalam APBD 2016 belum dialokasikan dan nilainya sangat kecil.

Sementara untuk program pembangunan yang nilainya mencapai raturan miliar biasanya dalam pembahasan APBD murni.”tidak mungkin jika dalam APBD murni tidak dianggarkan, kemudian di PAK 2016 kemudian dianggarkan. Karenanya untuk penyelesainya JLS kami tetap mengandalkan tambahan dari PABN.”kami berharap tahun 2018 poyek JLS sebagai proyek prestisius dapat terselesaikan,”tambah Ketua Fraksi Gerindra ini.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved