Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pemprov Jatim Surati Menkumham untuk Bangun Rutan Khusus Teroris

 
17 Juni 2016

Pemprov Jatim Surati Menkumham untuk Bangun Rutan Khusus Teroris

Pemerintah provinsi Jawa Timur akan mengirimkan surat ke Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) terkait Rencana pembangunan rumah tahanan (Rutan) khusus tersangka kasus terorisme di Jatim. Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jatim, Soekarwo ditemui usai acara buka bersama di DPRD Jatim, Jumat (17/6). "Kami berencana mengirim surat ke Kemenkumham untuk membuat penjara khusus teroris. Jika masih ada tanah di Porong, akan kita bangun di sana," kata Pakde Karwo, panggilan akrab Soekarwo.

Menurutnya, rencana Rutan khusus kasus terorisme ini muncul, lantaran kasus sebelumnya yang terungkap ada teroris yang sebelumnya adalah tersangka kasus Narkoba. "Ini untuk antisipasi, terutama rekruitmen narapidana Narkoba yang menjadi teroris," ungkap Pakde Karwo. Pakde Karwo mengaku khawatir jika tahanan kasus Narkoba terus dicampur dengan tahanan kasus terorisme, akan yang terjadi adalah rekrutmen anggota baru. "Nanti terjadi yang seperti kemarin. Yang kasus Narkoba malah menjadi teroris," tegasnya.

Lebih lanjut, Pakde Karwo menerangkan pihaknya terus melakukan komunikasi intens dengan pihak kepolisian. "Kita sudah berdialog dengan Polda, Densus 88 dan sebagainya. Tapi itu tidak bisa saya jelaskan lebih rinci," ujarnya Pakde Karwo. Ditambahkan, dihimbau kepada masyarakat agar turut melakukan pengawasan. Pakde Karwo mendorong Tiga Pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa dan kepala desa) meningkatkan pemantauan terhadap para pendatang. 

Sementara itu Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan mengawasi lingkungannya masing - masing. "Apabila ada orang asing yang mencurigakan dilingkungannya untuk segera melaporkan kepada petugas kepolisian terdekat," ujarnya. (Pca)

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved