Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Disahkan, Jawa Timur Punya Perda Perlindungan TKI Baru

 
17 Juni 2016

Disahkan, Jawa Timur Punya Perda Perlindungan TKI Baru

Provinsi Jawa Timur akhirnya mempunyai peraturan daerah tentang pelayanan, penempatan, dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ke luar negeri yang baru. Perda hasil revisi itu disetujui melalui rapat paripurna yang dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Juni 2016.

"Menimbang, mengingat, memutuskan, menetapkan, menyutujui pelayanan, penempatan, dan perlindugan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri menjadi Peraturan Daerah," ujar Sekretaris Dewan Ahmad Jaelani saat membacakan surat persetujuan Raperda menjadi Perda di ruang sidang Paripurna DPRD Jatim.

Adanya Perda Perda tentang Pelayanan, Penempatan, dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ke Luar Negeri yang baru itu secara otomatis mervisi Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2004 mengacu pada Undang Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja di Dalam dan Luar Negeri. 

Pengesahan Perda tentang Pelayanan, Penempatan, dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ke Luar Negeri membuat lega Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Menurutnya pengesahan perda itu akan membuat Pemerintah Provinsi Jawa Timur dapat memberi perlindungan kepada keluarga TKI. "Perda ini akan menjadi perlindungan TKI yang berasal dari Jawa Timur," kata Soekarwo.

Pakde Karwo sapaan Soekarwo mengapresiasi kinerja dewan dapat disahkannya Perda itu. Menurutnya para anggota dewan sudah bekerja keras untuk dapat mengesahkan perda itu.
"Melalui rapat sampai minggu, melalui dengar pendapat yang terus menerus dan dengan melakukan kunjungan berkali kali ke daerah akhrinya Perda tentang  Pelayanan, Penempatan, dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ke Luar Negeri dapat disahkan," katanya.

Wakil Ketua Komisi bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Jawa Timur Suli Daim mengaku bersyukur perda perlindungan tenaga kerja Indonesia yang baru itu disetujui oleh semua fraksi di DPRD Jawa Timur. Ini membuat DPRD Jawa Timur bisa menyetujui menjadi perda.
"Alhamdulillah Jawa Timur sekarang punya perda perlindungan TKI baru," katanya.

Menurut dia perda itu sangat penting bagi masyarakat Jawa Timur yang menjadi TKI. Ini karena perda itu dapat dijadikan sebagai payung hukum melindungi TKI. "Dapat melindungi TKI itu sendiri dan keluarga yang ditinggalkan," ujarnya. Suli berharap kehadiran perda perlindungan TKI itu dapat bermanfaat bagi masyarakat Jawa Timur. "Mudah-mudahan bisa bermanfaat," . (efa)

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved