Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dewan Jatim Cabut 10 Perda

 
13 Juli 2016

Dewan Jatim Cabut 10 Perda

Ada sepuluh peraturan daerah (perda) provinsi jawa timur yang bakal dicabut. Dari jumlah itu, empat diantara resmi dicabut dalam sidang paripurna,kamis (30/6). Pada 10 juni lalu Mendagri mengirimkan instruksi untuk mencabut enam perda lagi. Namun, DPRD jatim tidak sepenuhnya setuju.

Perda-perda tersebut adalah perda nomor 3 tahun 2009 tentang irigasi, perda nomor 12 tahun 2011 tentang pengelolaan air tanah, perda nomor 5 tahun 2011 tentang pengelolaan laboratorium kemetrologian, perda nomor 2 tahun 2004 tentang P3TKI, serta perda nomor 1 tahun 2012 tentang retribusi daerah.

Ketua badan pembentukan peraturan daerah (Raperda) DPRD Jatim Achmad Heri menyatakan, instruksi dari departemen dalam negeri (Depdagri) kepada DPRD jatim turun pada 10 juni 2016. Baperda sendiri telah memanggil Biro Hukum Pemprov Jatim untuk dimintai masukan terkait dengan enam perda tersebut.” Mendagri itu tidak serta–merta mencabut. Tetap ada fasilitas untuk kami kalau tidak setuju,”katanya.

Politikus partai nasdem itu menjelaskan, dari hasil pertemuan antara baperda dan biro hukum, diperoleh berbagai rekomendasi terkait beberapa perda tersebut. DPRD jatim menyetujui untuk mencabut satu perda karena kewenangannya sudah beralih. Yakni, perda 5/2005 tentang pengelolaan laboratorium kemetrologian. Sisanya jatim tidak serta merta setuju.” Ada yang sudah kami cabut sendiri. Ada yang sudah  kami ubah sendiri, ada yang kami inginkan untuk tidak dicabut seluruhnya,” jelas Heri.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved