Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Raperda Tenaga Kerja Diprediksi Tuntas Agustus

 
18 Juli 2016

Raperda Tenaga Kerja Diprediksi Tuntas Agustus

Raperda tentang Ketenagakerjaan diperkirakan akan tuntas bulan Agustus mendatang. Salah satu hal penting dalam Raperda itu agar daerah  untuk  evaluasi keberadaan tenaga kerja asing yang akan masuk.

Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar menerangkan, untuk melindungi kepentingan tenaga kerja lokal, pihaknya  mendorong kepentingan pemerintah kabupaten maupun pemerintah kota se-Jatim mengevaluasi keberadaan TKA yang akan masuk.

"Dalam Perda nanti, kita utamakan kepentingan kabupaten/kota untuk ikut melakukan evaluasi terhadap tenaga kerja asing yang bakal masuk. Ini sebagai upaya mengawal kepentingan muatan lokal menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” jelas Achmad Iskandar.

Sementara Kepala Disnakertransduk Jatim, Sukardo mengakui memang benar ada peningkatan tenaga kerja asing. Tapi jumlah tidak sampai 10 juta orang seperti yang ramai dibicarakan. Tetapi jumlahnya TKA 3.460 orang.

Jumlah tersebut bukan semua baru, melainkan juga termasuk TKA yang melakukan perpanjangan izin dari tahun sebelumnya, yang tercatat mencapai 1600 orang. Para TKA ini tersebar di berbagai bidang antara lain manufaktur, manajemen, pendidikan, agama, hingga juru masak.

Jika diprosentase TKA yang berasal dari Cina 40%, Jepang 25%, India 14%, Malaysia 10%, Korea 8%, serta sisanya dari negara lain. Para TKA ini, kata Sukardo, juga tidak masuk begitu saja karena harus memenuhi berbagai persyaratan yang distandarkan, termasuk kompetensi dan kemampuan (skill).

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved