Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PT DABN Diminta Transformasi Jadi BUMD

 
23 Juli 2016

PT DABN Diminta Transformasi Jadi BUMD

Sejumlah Fraksi di DPRD Jatim meminta Pemprov agar melakukan proses transformasi status PT Deltha Artha Bahari Nusantara (DABN) yang semula anak perusahaan PT Jatim Nusa Usaha (JNU) menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersendiri.

Usulan itu, salh satunya dilontarkan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat Sidang Paripurna Pemandangan Umum (PU) Fraksi-Fraksi terhadap Rapeda tentang Penyertaan Modal Pemprov Jatim terhadap PT JNU yang dulu bernama PT Jatim Investment Management (JIM), Jumat (22/7).

“Hal ini penting mengingat badan usaha pelabuhan merupakan sektor bisnis yang sangat prospektif di sebuah provinsi yang level perekonomiannya terus berkembang di Jatim,” ujar juru bicara Fraksi PKB, Chusainudin.

Selain itu, lanjutnya, agar di kemudian hari PT DABN bisa lebih akseleratif dalam mengembangkan usaha, lebih optimal dalam berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta lebih mudah diawasi.

Fraksi PKB mengingatkan komposisi kepemilikan saham PT DABN tidak dikuasai secara mayoritas oleh PT JNU selaku holding company (induk perusahaan).

“Maka kami mengusulkan agar dilakukan proses transformasi status PT DABN yang awalnya anak perusahaan PT JNU menjadi BUMD tersendiri,” pintanya.

Tak hanya status PT DABN yang disorot, Fraksi PKB juga memberikan catatan terkait perubahan nama BUMD. Chusainudin menegaskan, setiap kebijakan perubahan nama BUMD beserta perubahan cakupan usahanya harus diatur dalam sebuah Perda.

Hal tersebut pernah dilakukan ketika PT Jatim Investment Fund (JIF) yang dibentuk berdasarkan Perda No 12/2013 tentang PT JIF merubah namanya menjadi PT JIM pada 2004.

“Proses perubahan nama tersebut dituangkan dalam Perda No 4/2004 tentang perubahan atas Perda No 12/2003 tentang PT JIF,” tambahnya.

Namun proses yang sama, lanjutnya, tidak dilaksanakan PT JIM ketika merubah namanya menjadi PT JNU pada 2013.Perubahan nama dan restrukturisasi perusahaan secara fundamental dari PT JIM ke PT JNU hanya didasarkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 13 Februari 2013 yang kemudian dicatatkan dalam akta notaries No 37 tertanggal 18 Desember 2013.

 


© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved