Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pak Halim Ajak Para Generasi Bangsa Cinta Tanah Air

 
16 Agustus 2016

Pak Halim Ajak Para Generasi Bangsa Cinta Tanah Air

Sebanyak 537 mahasiswa dan pendamping mengikuti ngaji kebangsaan di atas kapal perang KRI Surabaya sejak Senin (15/8) kemarin sampai Rabu (17/8) Mereka dididik untuk cinta tanah air serta jauh dari terorisme dan narkoba.

Acara tersebut dibuka langsung oleh menteri sosial RI Khofifah Indar parawansa. Hadir pula beberapa tokoh seperti kepala BNNPT Jatim, perwakilan forkopimda Jatim, Polda Jatim serta beberapa jajaran perwira TNI Al di lingkungan Armatim. Acara ini terselenggara berkat kerjasama lembaga kajian dan pengembangan sumber daya manusia PCNU kota Surabaya dan JTV.

Selama 3 hari di kapal perang, Para santri akan menerima materi berupa penyuluhan anti narkoba, terorisme maupun kekerasan. Salah satu narasumber adalah Abdul Halim Iskandar, ketua DPRD Jawa Timur.

Politisi yang akrab disapa Pak Halim ini membawakan materi tentang penting nya nasionalisme dan cinta tanah air di kalangan remaja. "Wujud cinta kita yg paling sederhana adalah memakai produk buatan negeri sendiri" kata Politisi dari fraksi PKB ini.

Pak Halim juga memutarkan video berupa puisi dari penyair terkenal D. Zawawi Imron berjudul Indonesia tanah sajadah dan memberikan hadiah menarik yakni sebuah wayang pada beberapa peserta yang dapat menirukan puisi tersebut.

"Generasi penerus bangsa ini adalah calon-calon pemimpin Negeri ini kedepan, untuk itu sangat penting memahami makna nasionalisme dan cinta tanah air sedini mungkin, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, agar kelak saat menjadi pemimpin, yang menjadi pemikiran utama adalah membangun negeri ini dengan jatidiri bangsa yakni gorong royong atau Holopis kuntul baris," paparnya.

Pak Halim menegaskan, berbagai jati diri bangsa mulai dari rasa nasionalisme sampai dengan kebersamaan saat ini mulai terkikis dengan semakin canggihnya zaman, apalagi di kalangan remaja, untuk itu kini saatnya para remaja yang mengikuti nyantri kebangsaan ini menjadi pelopor membangkitkan kembali semangat jati diri bangsa, semangat nasionalisme dari hal terkecil lebih mencintai dan memilih apapun produk atau karya anak bangsa, dan mengedepankan kegotong royongan atau kebersamaan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved