Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Mengenang dan Mentauladani Jejak Perjuangan NU Dalam Meraih Kemerdekaan

 
19 Agustus 2016

Mengenang dan Mentauladani Jejak Perjuangan NU Dalam Meraih Kemerdekaan

Perjuangan pahlawan memberikan banyak inspirasi bagi masyarakat, untuk itu mencari jejak-jejak perjuangan menjadi bagian penting dalam mengenang jasa para pahlawan. Seperti yang dilakukan ketua DPRD jatim Abdul Halim Iskandar yang memanfaatkan momentum Kemerdekaan RI ke-71 dengan mengunjungi kediaman Mbah Tondo Sumoharjo, seorang Veteran berusia 129 tahun yang tinggal di Dusun Pilanggot Desa Wonokromo Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan. Mbah Tondo adalah salah satu pejuang dengan komandan perang KH Hasyim Asyari.

Kedatangan Pak Halim langsung disambut hangat oleh  Mbah Tondo, bahkan beliau menceritakan kisah peperangannya saat mengusir penjajah yang digerakkan oleh Kiai Hasyim Asyari dari Tebuireng Jombang. “Juga Kiai dari Sidoresmo Surabaya, tapi saya lupa namanya,” tutur Mbah Tondo menerawang.

Sementara itu Ketua DPRD jatim, Abdul Halim Iskandar, menyampaikan mengulas sejarah lahirnya Resolusi Jihad NU yang dicetuskan oleh para Kiai dibawah komando Hadratus Syech KH. Hasyim Asyari, seperti Kisah Mbah Tondo yang berperang mengusir penjajah dengan komando langsung dari Mbah Hasyim Asyari adalah benar adanya, dan ini menjadi bukti bahwa NU (Nadhatul ulama) mempunyai kontribusi yang amat besar dalam meraih kemerdekaan bangsa Indonesia. "NU menjadi salah satu bagian penting dalam Indonesia meraih kemerdekaan," ungkap Politisi yang akrab dipanggil Pak Halim ini.

Pak Halim menegaskan, wujud dari memperingati kemerdekan RI tidak sekedar dengan mengenang jejak-jejak perjuangan, tapi yang utama harus dilakukan oleh bangsa ini maupun para generasi penerus bangsa adalah mentauladani para pejuang. "Yang harus ditauladani dari para pejuang adalah Kobaran semangat para pejuang untuk meraih kemerdekaan, tapi kini kobaran semangat membela Republik ini tidak dengan perang, tapi dengan cara lain yaitu semangat mengharumkan nama Indonesia lewat prestasi itulah yang harus dilakukan bangsa ini terutama generasi penerus bangsa agar Indonesia semakin jaya, Indonesia semakin besar dan Indonesia di perhitungkan di kanca international," tegasnya.

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved